Jumat, 28 Desember 2018

Macam macam Jaringan Komputer

Macam macam Jaringan Komputer - Jaringan komputer secara definisi adalah sekumpulan atau himpunan interkoneksi sejumlah komputer autonomous atau kumpulan beberapa komputer dan perangkat ain seperti hub, printer, switch danperangkat lainnya yang saling terhubung satu sama lain melalui media perantara.
Macam macam Jaringan Komputer

Keuntungan jaringan komputer
1. Kemampuan resources sharing, yaitu kemampuan berbagi sumber daya berupa software maupun hardware yang terdapat dan terhubung dalam komputer tersebut.
2. Meningkatkan efesien dan meningkatkan produktivitas para pengguna komputer
3. Memudahkan control terhadap penggunaan perangkat komputer yang terdapat dalam jaringan

Jenis jenis jaringan komputer dibagi berdasarkan beberapa klasifikasi yaitu berdasarkan area atau skala, media penghantar dan fungsi alat.

Macam Macam Jaringan Komputer

A. Berdasarkan area atau skala  

#1 LAN (local area network) yaitu maencangkup satu satu gedung dalam satu area local
#2 MAN (metropolitan area network) yaitu mencangkup beberapa gedung di beberapa area atau wilayah dalam satu kota
#3 WAN (wide area network) yaitu mencangkup beberapa benua atau negara
#4 INTERNET yaitu mencangkup seluruh dunia dapat saling terhubung


B. Berdasarkan media penghantar

#1 Wire network 
Jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantarnya, kabel yang digunakan umumnya menggunakan bahan dasar tembaga. Ada juga jenis kabel yang menggunakan serat optic atau fiber optic. Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada jaringan LAN, sedangkan untuk jaringan MAN atau  WAN menggunakan gabungan kabel tebaga dan serat optic.

#2 Wireless network
Jaringan coputertanpa kabe atau menggunakan media penghantar gelombang elektromagnetik atau radio. Frekuensi yang digunakan pada radio untuk jaringan komputerbiasanya menggunakan frekuensi tinggi yaitu 2,4GHZ dan 5,8 GHZ. Sedangkan infrared memiliki jangkauan yang pendek serta terbatas yang melibatkan dua buah perangkat atau disebut dengan point to point  sehingga infrared tidak sepopuler gelombang radio.

C. Berdasarkan fungsi alat

#1 Client server
Jaringann komputer yang salah satu komputer difungsikan sebagai server dan lainya menjadi client. Server melayani serta memberikan layanan yang diminta oleh client, layanan yang diberikan bisa berupa akses web, email, file, dan lain-lain.

Adapun bentuk pelayanan yang diberikan komputer server yaitu
a. Disk sharing yaitu penggunaan kapasitas disk secara bersama-sama pada komputer client
b. Print sharing  yaitu berupa penggunakan printer secara bersama-sama
c. Penggunakan data dan system aplikasi yang ada secara bersaaan
d. Mengatur keamanan jaringan dan data dalam jaringan
e. Mengatur dan mengontrol hak dan waktu akses perangka-perangkat yang ada dalam jaringan.

Komputer client disebut juga workstation yaitu  koputer dimana pengguna jaringan dapat mengakses dan memanfaatkan pelayanan yang diberikan oleh komputer server
Baca Juga : Troubleshooting Jaringan dan Pemecahan Masalah Pada Lapisan LAN

#2 Peer to peer
Jaringan komputer dimana setiap komputer bisa menjadi server sekaligus menjadi client, setiap komputer dapat menerima dan memberikan akses dari satu komputer ke komputer yang lain. Pada jaringan peer to peer setiap komputer yang terhubung pada jaringan dapat berkomunikasi dengan komputer lain tanpa melalui perantara. Jadi sumber daya komputer terbagi pada seluruh komputer yang terhubung dalam jaringan baik sorfware maupun hardware.

#3 Hybrid network
Jaringan komputer yang dibentuk dari berbagai topologi dan teknologi. Contohnya sebuah pengambian alihan suatu perusahaan sehingga ketika digabungkan maka teknologi yang berbeda harus digabungkan dalam network tunggal. Sebuah hybrid network memiliki semua karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan tersebut.

Nah itu tadi penjelasan tentang jaringan komputer, ternyata banyak dan luas  banget kan. Semoga penjeasan tadi bisa dipahami dan bermanfaat ya
Previous Post
Next Post

0 komentar: