Minggu, 27 Desember 2020

Cara Install Chromium di Windows 10

 


Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi Chromium adalah dasar dari banyak browser terpopuler saat ini, termasuk Google Chrome, Opera dan iterasi terbaru dari Microsoft Edge. Chromium sendiri adalah browser open-source yang dapat digunakan secara bebas oleh pengembang lain yang ingin membuat browser mereka sendiri di atasnya, dan anda juga dapat menggunakan versi dasar Chromium sendiri.


Chromium dulu agak rumit untuk dipasang di Windows tetapi sekarang jauh lebih sederhana daripada sebelumnya. Disini saya akan menunjukkan cara menginstall Chromium di Windows 10.


Anda selalu dapat menemukan versi terbaru Chromium disini di website Chromium. Anda akan melihat peringatan yang mengatakan bahwa ini adalah versi raw dari Chromium dan oleh karena itu mungkin ada bug, tetapi untuk itulah anda datang, jadi tidak ada gunanya mempertanyakannya sekarang!




Di bagian bawah halaman ini anda akan melihat link ke berbagai versi Chromium, termasuk versi 32-bit untuk Windows x86.


Setelah anda mendownload file ZIP, ekstrak ke direktori tempat anda ingin menginstall Chromium.


Buka direktori file hasil ekstrak, kemudian klik dobel  pada file chrome.exe.




Anda mungkin mendapatkan pemberitahuan yang mengatakan bahwa Microsoft Defender telah mencegah aplikasi yang tidak dikenali untuk memulai. Jika ini muncul, maka klik More info diikuti dengan mengklik Run anyway.




Jika mau, anda juga dapat menyematkan Chromium ke taskbar, atau ke Start menu atau membuat shortcut desktop. Cukup klik kanan pada chrome.exe dan pilih Pin to taskbar atau Create shortcut.




Selesai! Sekarang anda memiliki versi Chromium terbaru yang berjalan di PC anda. Chromium tidak diupdate secara otomatis, jadi anda harus melakukannya secara manual dengan membuka link download diatas yang disebutkan sebelumnya dalam artikel ini.


Jika anda ingin mempercepat browsing anda, maka lihat artikel saya tentang cara mempercepat browsing dengan menonaktifkan gambar. Saya juga memiliki artikel tentang cara nonaktifkan autoplay video di Chrome dan Firefox yang akan membuat pengalaman browsing anda menjadi lebih nyaman.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2020/12/cara-install-chromium-di-windows-10.html
Previous Post
Next Post

0 komentar: