Kamis, 24 Desember 2020

Cara Memperbaiki Error Blue Screen ''SYSTEM THREAD EXCEPTION NOT HANDLED''

 


Windows 10 telah menyebabkan berbagai masalah Blue Screen of Death (BSOD) bagi pengguna. Sepertinya masalah ini terutama memengaruhi model Lenovo ThinkPad. Jika anda menghadapi masalah ini, maka artikel ini akan membahas cara perbaikannya untuk anda.


Error blue screen ini juga dapat terjadi untuk driver lain seperti nviddmkm.sys atau atikmpag.sys, dxgmms2.sys, CMUSBDAC.sys, iaisp64 sys, PCI.sys, Netwtw04.sys dan lainnya.


Sebelum kita mendalami solusinya, mari kita pahami terlebih dahulu apa dan seberapa parah masalah  error SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED ini pada intinya.




Di sini drive Idiagio.sys telah menyebabkan Stop Error ini. Lenovo telah menguraikan sejumlah masalah yang dihadapi oleh pengguna ThinkPad. Masalah ini adalah hasil dari update kumulatif Agustus 2020.


Sebagian besar pengguna menemukan Blue Screen of Death (BSOD) saat booting, memulai Lenovo Vantage, atau menjalankan Windows Defender Scan. Menariknya, timbulnya masalah BSOD yang tiba-tiba ini tampaknya terbatas pada model ThinkPad yang diproduksi pada 2019-2020.


Anda mungkin melihat gejala berikut ini ini yang terjadi pada laptop anda.


  • Blue Screen of Death (BSoD) saat booting.
  • Blue Screen of Death (BSoD) saat memulai Lenovo Vantage.
  • Blue Screen of Death (BSoD) saat menjalankan Windows Defender Scan.
  • Tidak dapat masuk menggunakan Face dengan Windows Hello.
  • Kesalahan di Device Manager terkait dengan Intel Management Engine.
  • Kesalahan dalam Device Managert terkait dengan IR Camera.


Hal paling pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan anda telah membuat system restore point sehingga jika terjadi kesalahan, anda dapat dengan mudah kembali ke pengaturan dan konfigurasi sebelumnya.



Nonaktifkan pengaturan Enhanced Windows Biometric Security


  • Booting ke pengaturan BIOS Setup di Lenovo ThinkPad anda.

  • Arahkan ke Security dan pilih Virtualization.

  • Nonaktifkan pengaturan Enhanced Windows Biometric Security.



  • Kemudian simpan pengaturan BIOS anda.

  • Booting kembali ke desktop Windows 10.


Jika solusi yang disebutkan di atas tidak berfungsi karena alasan tertentu, maka anda dapat mencoba memperbaiki driver perangkat di bawah pengaturan Device Manager.



Perbaiki Driver Perangkat dari Device Manager



  • Kemudian arahkan ke Device Manager.

  • Hati-hati dengan driver yang bertanggung jawab atas error dengan tanda seru kuning kecil.

  • Jika tidak ada entri yang ditandai dengan tanda seru kuning kecil, perhatikan sub-entri seperti driver C-Media USB Audio Class di bawah Sound, video and game controllers.




Atau anda dapat mengupdate atau rollback driver. Jika itu tidak berhasil, anda dapat menguninstall driver lama dan menggantinya dengan yang baru.

Seperti di jelaskan diatas, bahwa masalah ini terjadi setelah update kumulatif Agustus 2020. Jika anda mengalami error ini setelah melakukan update maka anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara uninstall update Windows 10 saat PC tidak dapat booting. Atau jika semua metode gagal anda terapkan di laptop anda, maka saya sarankan anda untuk membaca tutorial saya tentang apa yang harus anda lakukan jika Windows 10 gagal start.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu menyelesaikan error blue screen yang anda hadapi. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2020/12/cara-memperbaiki-error-blue-screen_24.html
Previous Post
Next Post

0 komentar: