Selasa, 15 Desember 2020

Cara Memperbaiki Error Kernel32.dll was not found di Windows 10

 


File Kernel32.dll adalah file dynamic link library 32-bit yang digunakan di Windows untuk menangani manajemen memory, operasi input/output, interupsi, sinkronisasi, dan pembuatan proses. Itu juga mengekspos sebagian besar API (Application Programming Interfaces) berbasis Win32 ke aplikasi, dan jika file ini menjadi hilang atau rusak, jendela error KERNEL32.dll tidak ditemukan muncul.


Dalam artikel kali ini, saya akan menguraikan solusi yang dapat anda coba untuk memperbaiki berbagai contoh error Kernel32.dll yang mungkin anda temui di Windows 10.


Pesan error Kernel32.dll dapat muncul di layar hampir setiap kali komputer digunakan, dan itu termasuk; ketika Windows dimulai, ketika sebuah program dibuka, ketika sebuah program sedang berjalan, ketika sebuah program ditutup dimana hampir setiap saat selama sesi Windows berjalan.


Penyebab pesan error kernel32.dll beragam seperti pesan itu sendiri. File Kernel32.dll dapat menyebabkan munculnya pesan error.



Perbaiki Error Kernel32.dll di Windows 10


Banyak program software yang berbeda dapat menghasilkan error Kernel32.dll di Windows 10, tetapi berikut adalah beberapa pesan error spesifik yang lebih umum yang mungkin anda lihat.



  • Iexplore caused an invalid page fault in module Kernel32.DLL. Failed to load DLL file

  • Commgr32 caused an invalid page fault in module Kernel32.dll

  • Error in Kernel32.dll

  • [Program Name] has caused an error in Kernel32.dll

  • Failed to get proc address for GetLogicalProcessorInformation (KERNEL32.dll). The Procedure entry point could not be located in the dynamic link library.

  • This application has failed to start because KERNEL32.dll was not found. Re-installing the application may fix the problem.




Ingatlah bahwa daftar di atas bukanlah daftar lengkap kemungkinan error Kernel32.dll yang mungkin anda temui di Windows 10. Namun demikian, solusi yang disajikan dalam artikel kali ini berlaku untuk semua error.


Jika anda mengalami masalah Kernel32.dll, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini untuk menyelesaikan masalah anda.



1. Restart Komputer Anda


Bisa jadi error kernel32.dll hanya kebetulan. Anda cukup me-restart perangkat anda dan melihat apakah itu membantu.



2. Instal Ulang Program


Langkah logis berikutnya adalah menginstal ulang program yang memicu error.


Jika ada service pack atau patch lain yang tersedia untuk program, install itu. Jika perlu, anda mungkin perlu berhenti menggunakan program tertentu jika itu menjadi satu-satunya penyebab masalah. Anda juga dapat mendownload file DLL dengan aman dari website ini atau disini.



3. Update Windows 10


Instalasi Windows 10 yang kedaluwarsa juga mungkin menyebabkan error DLL. Periksa update dan instal patch terkait Windows baru atau service/feature pack yang mungkin tersedia.



4. Jalankan Scan SFC


Anda dapat menjalankan utilitas SfC (System File Checker) bawaan Windows untuk menscan file system komputer anda secara otomatis dan memperbaikinya jika perlu.





5. Daftarkan Ulang atau Ganti File DLL


DLL (Dynamic Link Libraries) merupakan bagian eksternal dari aplikasi yang berjalan di Windows atau system operasi lainnya. Sebagian besar aplikasi tidak lengkap dengan sendirinya dan menyimpan kode dalam file yang berbeda. Jika ada kebutuhan untuk kode, file terkait dimuat ke memory dan digunakan.


Jika OS atau perangkat lunak tidak dapat menemukan file DLL yang bersangkutan, atau jika file DLL rusak, anda dapat menerima pesan file DLL hilang. Dalam hal ini, anda dapat mengganti file DLL yang hilang atau rusak dengan mengcopy file DLL tertentu dari PC lain yang menjalankan instalasi Windows 10 yang sehat dan menggantinya di direktori yang tepat di komputer lain dan melihat apakah itu berfungsi untuk anda. Jika tidak, anda mungkin harus mendaftarkan ulang file DLL.



6. Perbaiki File Thumbs.db


Beberapa error Kernel32.dll disebabkan oleh file thumbs.db yang rusak di folder atau subfolder yang anda coba akses. Dalam hal ini, anda dapat memperbaiki file thumb.db.


Sebelum memulainya jika nantinya anda tidak dapat melihat file thumbs.db, ubah opsi folder untuk mengizinkan tampilan file tersembunyi dan file system operasi yang dilindungi.


Di file explorer klik View dan pilih Options. Kemudian di jendela Folder Options pilih tab View kemudian pilih Show hidden files, folders, and drives dan hapus ceklist pada Hide protected operating system files (Recommended).


  • Tekan tombol Win + E untuk membuka File Explorer.

  • Buka folder yang anda curigai sebagai file thumbs.db yang rusak atau korup.

  • Temukan file thumbs.db.

  • Setelah anda menemukan file thumbs.db, klik kanan dan pilih Delete.

  • Jika anda tidak dapat menghapus file, anda mungkin perlu mengubah tampilan folder. Untuk melakukan ini, pilih View kemudian pilih Tiles, Icons, List, atau Details. Tergantung pada versi Windows yang anda gunakan, beberapa opsi ini mungkin sedikit berbeda. Anda dapat melihat artikel ini.

  • Untuk membuat ulang file, pilih View dan kemudian Thumbnail dari menu di folder tempat anda menghapus file thumbs.db. Melakukan ini akan memulai tampilan Thumbnail dan secara otomatis akan membuat salinan baru dari file thumbs.db.



7. Jalankan Scan Malware


Beberapa virus/malware komputer tertentu dapat menyebabkan error ini sebagai bagian dari kerusakan pada komputer anda.


Jalankan scan lengkap system dengan Windows Defender atau produk Anti Virus pihak ketiga yang memiliki reputasi baik. Selain itu, dalam kasus yang parah, anda dapat menjalankan Scan Offline Windows Defender saat boot atau menggunakan Bootable AntiVirus Rescue Media untuk memulihkan system anda.



8. Scan Disk dan Perbaiki File System


Jika hard drive memiliki integritas file yang dikompromikan, anda mungkin mengalami error ini. Dalam hal ini adalah anda mungkin harus menscan disk dan memperbaiki error system file dan memperbaiki bad sector disk. Untuk itu anda mungkin perlu menjalankan CHKDSK, namun karena CHKDSK telah di hentikan di Windows 10 maka anda dapat membaca artikel untuk menscan disk dan memperbaiki file system.



9. Update Driver Perangkat


Jika ada error kernel32.dll muncul saat melakukan print, coba update driver perangkat untuk printer anda. Jika anda menduga bahwa driver perlu diupdate tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, maka update driver video card anda terlebih dahulu. Driver video card yang kedaluwarsa terkadang memicu error ini.


Anda dapat mengupdate driver anda secara manual melalui Device Manager, atau anda bisa mendapatkan update driver di bagian Optional Updates di bawah Windows Update. Anda juga dapat mengupdate driver anda secara otomatis atau anda dapat mendownload versi terbaru driver dari website produsen.



10. Nonaktifkan Hardware Acceleration


Meskipun jarang terjadi, beberapa komputer memang menampilkan error ini saat hardware acceleration diatur ke pengaturan default full acceleration. Dalam hal ini, anda dapat menurunkan atau menonaktifkan hardware acceleration dan melihat apakah itu membantu.



11. Jalankan Uji Memory


Salah satu pesan error ini dari program dan aktivitas acak di perangkat Windows 10 anda bisa jadi merupakan tanda kegagalan hardware dengan memory komputer anda. Dalam hal ini, anda dapat menjalankan tes memory untuk mengidentifikasi apakah anda memiliki masalah dengan memory anda.




Jika dalam tes, anda mendapatkan masalah dengan memory anda maka anda dapat menggantinya.



12. Hentikan Overclocking PC Anda


Overclocking telah diketahui menyebabkan masalah kernel32.dll. Jadi, jika anda telah melakukan overclock pada PC anda, anda dapat membalikkan overclocking tersebut dengan mengatur ulang konfigurasi hardware anda ke default yang direkomendasikan oleh produsen PC anda.



13. Lakukan Perbaikan Upgrade di Windows 10


Jika saat install ulang software dan pengujian hardware gagal menyelesaikan masalah, maka perbaikan upgrade di Windows 10 harus memulihkan file yang rusak atau hilang (sambil menjaga file dan pengaturan pribadi anda tetap utuh) yang mungkin menyebabkan error kernel32.dll.



14. Clean Install Windows 10


Saya tidak menyarankan clean install Windows 10 kecuali anda yakin bahwa error kernel32.dll tidak disebabkan oleh sebuah program. Jika sebuah software menyebabkan pesan error kernel32.dll, kemudian anda kembali menginstal ulang Windows dan kembali menginstal software yang sama, maka kemungkinan besar akan memunculkan kembali error tersebut.



15. Mengatasi Masalah Hardware


Saya menyimpan langkah ini untuk yang terakhir, karena jika semuanya gagal, termasuk clean install maka anda mungkin harus memeriksa masalah antara hardware dengan  hard drive atau dengan hardware lainnya.


Jika hard drive yang mungkin menjadi penyebabnya, ganti hard drive anda, kemudian lakukan instalasi Windows 10.



Semoga salah satu metode diatas membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2020/12/cara-memperbaiki-error-kernel32dll-was.html
Previous Post
Next Post

0 komentar: