Senin, 28 Desember 2020

Cara Memperbaiki Masalah Taskbar Not Hiding di Windows 10


Beberapa pengguna Windows mungkin lebih suka agar taskbar selalu terlihat sehingga mereka dapat memiliki opsi spesifik yang tersedia secara instan, tetapi kebanyakan orang akan lebih suka menyembunyikannya ketika tidak digunakan. Namun, ada kalanya taskbar tidak ingin atau tidak mau auto-hide.

Anda tahu fitur auto-hide diaktifkan, tetapi pengaturan ini sepertinya tidak berfungsi. Terkadang masalah hanya membutuhkan perbaikan cepat, sementara dalam kasus lain anda perlu menggali lebih dalam. Mudah-mudahan, memperbaikinya sesederhana mengaktifkan fitur. Berikut adalah beberapa cara bagi anda untuk memperbaiki masalah taskbar yang tidak dapat auto-hide.


1. Periksa Jika Fitur Auto-Hide Diaktifkan

Saya berapa kali telah kehilangan jejak dan saya pikir fitur saya diaktifkan ternyata setelah diperiksa fitur tersebut tidak diaktifkan. Mungkin itu yang anda alami; mungkin anak-anak anda atau yang telah menggunakan PC anda sebelumnya telah mematikannya tanpa memberitahu anda. Dalam hal ini, pertama-tama, periksa untuk melihat apakah fitur sembunyikan otomatis diaktifkan.

Untuk memeriksa apakah fitur ini aktif, pergi ke Settings - Personalization - Taskbar atau langsung klik kanan pada taskbar dan pilih Taskbar settings. Opsi ini akan memungkinkan anda untuk mengaktifkan fitur jika itu karena beberapa alasan.


Jika anda menggunakan komputer, anda hanya perlu mengaktifkan opsi pertama. Opsi kedua hanya diperlukan jika anda menggunakan tablet. Setelah fitur ini diaktifkan, taskbar akan hilang - jika tidak, coba tips berikut.



2. Coba Restart Explorer Process

Terkadang yang perlu anda lakukan hanyalah me-restart Explorer Process. Untuk melakukan ini, buka Windows Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc, atau anda juga dapat mencarinya. Saat jendela Task Manager muncul, anda hanya akan melihat beberapa opsi. Klik pada menu dropdown More Details dan jendela baru dengan lebih banyak informasi akan muncul.

Pada tab Processes, cari dan temukan opsi Windows Explorer. Kemudian klik kanan pada opsi Windows Explorer dan pilih Restart dimana ia sebagai opsi pertama pada daftar. Mudah-mudahan setelah melakukannya dapat memperbaiki masalah.



3. Aplikasi Mungkin Perlu Perhatian Anda

Ada kalanya tidak ada yang salah dengan taskbar, dan alasan mengapa tidak auto-hide adalah bahwa aplikasi sedang mencoba untuk mendapatkan perhatian anda. Jika aplikasi yang memiliki pesan baru untuk anda yang disematkan di taskbar anda, itu akan berkedip sampai anda mengkliknya.

Jika pesan aplikasi tidak disematkan di taskbar anda, anda harus mengeklik panah Show Hidden Icons (dipojok kanan atas). Cari aplikasi yang memiliki pemberitahuan di atas - itu adalah aplikasi yang memiliki pemberitahuan yang menunggu anda.



4. Gunakan Command Prompt

Pilihan lain adalah menggunakan command prompt untuk menyembunyikan taskbar. Cari Command Prompt pada pencarian Cortana dan jalankan sebagai admin (klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator).


Pada Command Prompt ketik perintah dibawah dan tekan Enter.



Jangan lupa untuk Restart komputer anda dan lihat apakah taskbar masih ada.

Tidak banyak ruang yang dibutuhkan taskbar, tetapi terkadang itu membuat perbedaan. Keuntungan dari taskbar selalu ditampilkan adalah bahwaitu menunjukan info seperti waktu dan tanggal juga koneksi jaringan dan lainnya. Anda juga akan menghemat detik-detik berharga jika anda perlu membuka aplikasi dengan cepat. Jika keunggulan ini tidak meyakinkan anda untuk meninggalkan taskbar, tips ini akan membantu anda menyembunyikannya sekali lagi.

Jika masalah masih berlanjut, maka anda dapat membaca tutorial saya tentang cara memperbaiki taskbar tidak bekerja di Windows 10. Atau jika anda ingin memodifikasi taskbar anda, maka anda dapat membaca artikel saya tentang cara menyembunyikan dan menyesuaikan taskbar di Windows 10.

Semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.


source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2020/02/cara-memperbaiki-masalah-taskbar-not.html
Previous Post
Next Post

0 komentar: