Selasa, 29 Desember 2020

Cara Memperbaiki Wi-Fi Not Working di Windows 10


Wi-Fi dapat dikatakan aman, menembus setiap aspek dari keberadaan kita. Wi-Fi selalu ada ketika kita bangun, ketika kita makan, ketika kita ingin menggunakannya. Singkatnya, Wi-Fi penting bagi kita dan ketika itu berhenti bekerja pada Windows, rasanya seperti kehidupan kita terhenti.

Saya telah mengumpulkan beberapa cara perbaikan untuk koneksi Wi-Fi yang error pada Windows 10.

Hal pertama yang anda lakukan adalah pengecekan, apakah perangkat lain terhubung ke jaringan Wi-Fi anda tanpa masalah? Jika ya, simak terus postingan ini karena masalah anda harus terkait dengan PC Windows anda. Jika tidak, maka masalah anda bisa terkait dengan router anda, dan cara pertama yang harus anda lakukan adalah mematikannya kemudian menghidupkannya lagi dari Setting Window.


Apakah Wi-Fi anda dihidupkan (Settings - Network & Internet - WiFi)?

Di menu Wi-Fi, anda juga dapat mengeklik Manage known networks, membuat Windows untuk Forget (Lupakan) jaringan yang anda coba sambungkan, lalu sambungkan kembali ke jaringan tersebut.


Semua itu gagal? Berikut adalah perbaikan lebih lanjut.


Restart Adapter Virtual Langsung Wi-Fi

Banyak orang dengan kesalahan koneksi Wi-Fi telah melaporkan masalah ini berasal dari Microsoft Wi-Fi Direct Virtual Adapter. Ini bertanggung jawab untuk mengubah Windows menjadi hotspot Wi-Fi, namun, ingatlah bahwa menonaktifkan ini untuk memperbaiki Wi-Fi anda juga akan menonaktifkan fungsi Hotspot Portabel.

Buka Device Manager (cari di bilah pencarian Start menu), kemudian setelah anda berada disana, klik View - Show hidden devices.

Gulir ke bawah ke Network adapters, kemudian klik kanan Microsoft Wi-Fi Direct Virtual Adapter, lalu Disable device. Setelah itu Reboot PC anda, dan selesai.



Nonaktifkan Power Management pada Wi-Fi

Saat berada di Device Manager, anda juga dapat mencoba menonaktifkan Power Management untuk wireless network adapter yang mengalami masalah. Di Device Manager di bawah Network adapters, cari adaptor dengan kata Wireless atau Wi-Fi di dalamnya (ini akan bervariasi tergantung pada pembuatan kartu anda), kemudian klik kanan dan klik Properties.

Di jendela baru, klik tab Power Management dan hapus centang pada kotak Allow the computer to turn off this device.



Reset Network Setting

Sedikit lebih sederhana, dan tanpa efek samping negatif, anda dapat mengatur ulang Network Setting di Windows. Ini akan mencopot pemasangan dan menginstal ulang semua driver jaringan sistem anda, semoga ini dapat menghapus semua masalah yang mereka miliki.

Untuk melakukan ini, cukup buka Settings - Network & Internet - Status - Network reset.



Restart Wireless NIC di BIOS

Yang satu ini tidak akan mungkin dilakukan bagi semua orang, karena pabrikan motherboard berbeda memiliki opsi berbeda yang tersedia di BIOS, tetapi ini patut dicoba. Penting! Untuk cara ini, bagi yang awam soal BIOS, saya tidak merekomendasikannya untuk anda!

Untuk memasukkan BIOS anda, tekan berulang tombol Del, F8, F10, atau F2 (ini dapat bervariasi) saat PC anda melakukan boot. Jika kembali masuk Windows, berarti anda telah melakukan kesalahan dan perlu reboot lagi dan mencobanya lagi.

Setelah anda berada di BIOS, carilah menu yang disebut sesuatu seperti Power Management, dimana anda akan menemukan opsi yang disebut Wireless, Wireless LAN atau yang serupa. Nonaktifkan ini, tekan F10 untuk save dan silahkan reboot PC anda, lalu masuk kembali ke BIOS dan aktifkan kembali. Jangan lupa save BIOSnya.

Jadi masalah WiFi pada Windows sesuatu yang dapat sulit untuk dijabarkan, tetapi jika masalahnya memang berasal dari perangkat lunak atau driver pada PC anda dan katakanlah bukan dari adaptor Wi-Fi atau router anda, maka perbaikan di atas seharusnya sudah cukup untuk membantu anda.

Setelah anda memperbaiki WiFi anda, anda kemudian dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet anda di Windows 10.

Bagamana dengan permasalahan anda, apakah terpecahkan? Silahkan berbagi dengan saya tentang pengalaman anda mengikuti tutorial ini, atau mungkin anda mempunyai cara terbaik, tinggalkan komentar anda dibawah. GBU


source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2020/02/cara-memperbaiki-wi-fi-not-working-di.html
Previous Post
Next Post

0 komentar: