Minggu, 20 Desember 2020

Mengoptimalkan Kinerja Windows 10 Dengan Mengedit Registry


Windows Registry memegang semua tweak untuk menyesuaikan pengalaman Windows anda dan menangani gangguan kecil yang salah, Microsoft mengasumsikan setiap pengguna akan menyukainya. Mulai dari mengubah desain Windows hingga membuka fitur tersembunyi, ada tweak untuk semuanya. Untuk membantu anda meningkatkan kinerja Windows 10 anda, berikut adalah banyak peretasan registry Windows 10 yang pantas untuk dicoba.

Peringatan: Mengacaukan registry dapat merusak Windows anda. Dianjurkan agar anda mengikuti petunjuk secara tepat dan tidak mengacau jika anda tidak tahu apa yang anda lakukan. Agar aman, buat backup registry anda sebelum melakukan perubahan apapun.


Mengakses Registry Windows

Karena semua tweak memerlukan perjalanan ke Registry Windows, penting untuk mengetahui cara mengakses Registry. Tekan tombol Win + R dan ketik regedit di dialog Run yang terbuka. Klik OK dan Windows Registry akan terbuka.


1. Tingkatkan Kecepatan Internet

Banyak dari perubahan registry dalam daftar akan melibatkan perubahan desain atau estetika yang dapat membuat Windows 10 terasa jauh lebih apik dan lebih baik bagi anda. Namun ada juga sejumlah peretasan registry yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan internet anda.

Jika anda mengalami masalah atau mengalami kehilangan paket, ada berbagai hal yang dapat anda lakukan, seperti meningkatkan IRP Stack Size, mengaktifkan ekstensi TCP, atau meningkatkan jumlah port maksimum yang tersedia untuk berbagai program yang mencoba menyambungkan ke router anda.

Ada beberapa tweak untuk meningkatkan kecepatan internet di registry editor dan saya memiliki semua daftar yang didedikasikan untuk itu. Jika anda terutama menggunakan Registry Editor untuk meningkatkan kecepatan Internet anda, klik terus.


2. Gunakan Windows Photo Viewer dari pada Photos App

Setiap orang pernah mengalami masalah dengan Photos App di Windows 10. Ini bukan rahasia besar. Pada saat yang sama, Windows Photo Viewer yang kita tahu dari masa lalu di Windows 7 melakukan pekerjaan dengan sangat baik, namun telah dihapus dengan update Windows 10 beberapa tahun yang lalu.

Kode untuk Photo Viewer masih ada di Windows 10. Anda hanya perlu membuat entri registry yang cukup rumit untuk membukanya. Ini sedikit berbeda dari penyesuaian registry pada umumnya dan saya telah membuat panduan tentang cara menggunakan registry untuk menjadikan Windows Photo Viewer sebagai aplikasi Photo default anda di Windows 10.


3. Nonaktifkan Lockscreen Windows 10

Lockscreen adalah lapisan keamanan tambahan yang bagus pada PC Windows anda, memerlukan password atau PIN bagi anda untuk masuk kembali. Jika anda merasa aman dengan keamanan PC anda, anda dapat menonaktifkan lockscreen sama sekali.

Ada beberapa cara anda dapat melakukan ini di Windows 10, salah satunya adalah melalui registry editor. Berikut panduan saya tentang cara menonaktifkan lockscreen Windows 10 anda melalui registry.


4. Tampilkan Informasi Rinci tentang Startup

Jika PC anda lemot atau crash yang tidak dapat dijelaskan, maka anda harus memprioritaskan untuk mendiagnosis apa yang menyebabkan masalah tersebut. Salah satu cara yang mungkin untuk melakukannya adalah dengan mengatur startup Windows 10 ke Verbose Mode, yang akan memberi anda rincian proses yang lebih mendetail yang terjadi di PC saat anda booting.

  • Untuk mengaktifkan ini, buka registry editor, kemudian telusuri jalur berikut.


  • Selanjutnya, klik kanan ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan VerboseStatus.



  • Klik dobel pada DWORD baru dan ubah value datanya dengan 1. Kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan.



  • Restart PC anda untuk menerapkan perubahan.


5. Buka Jendela Aktif Terakhir di Taskbar

Cara Windows 10 mengatur aplikasi yang terbuka, menyatukan semua jendela yang terbuka dari aplikasi yang diberikan di bawah ikon taskbar yang sama, yang kemudian anda klik untuk memunculkan thumbnail dari semua jendela terbuka yang terdapat di dalamnya.

Ini cukup berguna, tetapi anda mungkin lebih suka jika mengklik ikon taskbar membawa anda langsung ke jendela terakhir yang anda buka dalam aplikasi.

  • Untuk melakukan ini, buka Registry Editor  dan arahkan ke alamat berikut:


  • Disini, klik kanan ruang kosong di panel kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value, kemudian beri nama LastActiveClick.

  • Klik doble pada value yang baru dibuat dan ubah Value data menjadi 1. Jangan lupa klik OK untuk menyimpan perubahan.



6. Nonaktifkan Shake untuk Minimize

Aero Shake adalah fitur yang diperkenalkan di Windows 7 yang memungkinkan anda meminimize semua jendela yang terbuka dengan mengklik tahan salah satu jendela yang anda ingin tetap terbuka dan kemudian anda Shake (goyang). Anda mungkin tidak menyadari bahwa anda memiliki fitur ini. Tetapi sekarang anda tahu, dan anda mungkin tidak menginginkannya. Dan untuk menghapusnya:

  • Pergi ke Registry Editor dan arahkan ke alamat berikut :


  • Disini, klik kanan ruang kosong di panel sisi kanan, pilih New - DWORD (32-bit) Value, lalu beri nama DisallowShaking.

  • Klik doble pada value yang baru dibuat, lalu ubah nilai Value data menjadi 1 dan klik OK. Hal tersebut akan menonaktifkan fitur Shake ini.


7. Tambahkan Aplikasi Anda Sendiri ke Context Menu

Context Menu adalah hal yang bagus, tetapi untuk benar-benar mengendalikannya, anda dapat membuat key registry untuk menambahkan aplikasi tertentu ke dalamnya. Saya akan menggunakan Notepad sebagai contoh.

  • Navigasikan ke:


  • Klik kanan folder shell dan pilih New - Key dan beri nama Notepad.

  • Kemudian klik kanan pada folder Notepad dan pilih New - Key kemudian beri nama command.

  • Klik folder command, dan dipanel sebelah kanan klik doble (Default). Pada bagian Value datanya ketik notepad.exe.


  • Itu dia. Sekarang tutup Registry Editor, klik kanan pada desktop anda, dan anda akan melihat Notepad muncul di context menu.



8. Ubah Aplikasi dan Pengaturan Windows ke Dark Mode

Masih dalam perdebatan tentang apakah membaca tulisan putih pada latar belakang gelap atau tulisan gelap pada latar belakang terang lebih sehat untuk anda, tetapi jika anda berada di pilihan pertama, maka anda dapat menggunakan registry untuk mengaktifkan Dark Mode (Mode Gelap) di Windows.

  • Di registry editor, buka:


(Untuk mempercepat proses, anda dapat copy-paste direktori registry dari artikel ini langsung ke adress bar di bagian atas jendela Registry Editor).

  • Di panel sebelah kanan, klik kanan di ruang kosong dan pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama AppsUseLightTheme.


  • Setelah anda membuatnya, anda tidak perlu mengubah nilainya. Cukup Restart PC anda, dan anda akan mengaktifkan dark theme (tema gelap).

9. Hapus Sidebar Action Center Windows 10

Sidebar Action Center Windows 10 menawarkan tombol akses cepat yang praktis dan notifikasi. Namun, jika anda merasa tombol ini tidak diperlukan dan anda merasa tidak nyaman karena sidebar mengambil hampir separuh layar saat anda membukanya, anda dapat menonaktifkannya.

  • Di registry editor, buka:


  • Di panel sebelah kanan, klik kanan di ruang kosong dan pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama UseActionCenterExperience.

  • Klik doble pada UseActionCenterExperience dan kemudian ubah Value datanya menjadi 0 (nol).


  • Setelah, Restart PC anda dan anda akan melihat bahwa Sidebar Action Center telah hilang dan panel notifikasi akan jauh lebih bersih dan lebih kecil ukurannya.

10. Hapus Tombol OneDrive dari File Explorer

Jika anda tidak menggunakan OneDrive atau dialihkan ke layanan penyimpanan cloud lain setelah Microsoft memutuskan untuk menurunkan paket penyimpanannya, maka mungkin anda tidak ingin ikonnya berkeliaran di File Explorer. Gambar berikut menunjukkan cara menyingkirkannya.

  • Di registry editor, buka:


  • Klik doble pada System.IsPinnedToNameSpaceTree di panel kanan dan ubah Value datanya menjadi 0 (nol). Ini akan segera menghapus ikon OneDrive. Jika tidak, Restart PC.



11. Hapus otomatis Pagefile.sys Saat Shutdown

Pagefile.sys bertindak sebagai RAM virtual yang digunakan Windows sebagai RAM untuk menyimpan program yang tidak digunakan, sehingga mengurangi tekanan pada RAM yang sebenarnya. Meskipun tidak disarankan untuk menonaktifkannya, anda dapat menghapusnya untuk menghemat ruang dan juga menghindari kerentanan apapun. Ukuran halaman file sebagian besar mendekati ukuran RAM anda yang sebenarnya, sehingga dapat memakan banyak ruang tergantung pada RAM anda. Ketika diatur untuk dihapus saat shutdown, anda akan menghemat ruang tetapi dengan mengorbankan waktu shutdown yang lama. Untuk melakukan ini, ikuti langkah dibawah ini.

  • Di registry editor, buka:


  • Klik Memory Management kemudian klik doble pada ClearPageFileAtShutDown di panel sebelah kanan. Atur Value datanya ke 1.


  • Setelah itu Restart PC anda, maka setiap kali anda mematikan PC anda, pagefile akan dihapus. Jangan khawatir pagefile ini akan dibuat lagi saat dibutuhkan.

12. Sesuaikan Animasi Menu

Anda juga dapat menyesuaikan animasi menu agar terlihat lebih keren. Jika anda memiliki PC yang lebih lambat, maka animasi yang lebih cepat akan mempermudah navigasi. Saya sementara menulis artikel mendetail tentang cara menyesuaikan dan menonaktifkan animasi menu. Anda dapat merujuknya untuk mempelajari cara melakukan tweak registry itu.


13. Nonaktifkan Windows Startup Delay

Windows menempatkan penundaan kecil pada startup untuk membantu aplikasi memulai dengan Windows melalui proses dengan lancar dan sehingga anda dapat memulai dengan desktop yang mulus tanpa delay (penundaan). Namun, jika anda tidak memiliki banyak aplikasi startup - misalnya, jika anda telah menonaktifkan aplikasi startup - maka penundaan ini mungkin tidak diperlukan. Anda dapat menonaktifkan penundaan ini untuk mempercepat startup Windows.

  • Di registry editor, buka:


  • Klik kanan pada Explorer, dan kemudian pilih New - Key. Setelah key baru dibuat, beri nama dengan Serialize.

  • Jika key Serialize sudah dibuat di bawah key Explorer, maka tidak perlu melalui proses di atas. Setelah itu klik kanan dipanel sebelah kanan dan pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama key  dengan StartupDelayInMSec, dan pastikan Value datanya diatur ke 0 (nol).


  • Sekarang anda akan melihat dorongan kecil dalam waktu startup Windows anda.

Pemutakhiran Registry bukan satu-satunya cara untuk memberi tambahan pada pengalaman Windows 10 anda. Saya juga memiliki beberapa daftar tweak Windows 10 lainnya untuk membuat perubahan besar pada Windows 10 anda.

Katakan apa yang akan anda lakukan tentang tweak yang berjalan dalam Windows. Jika anda memiliki trik registry lain yang bagus atau hacks Windows, anda dapat membaginya di kolom komentar dan saya akan menambahkannya di artikel ini. Terima kasih GBU


source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2020/02/mengoptimalkan-kinerja-windows-10.html
Previous Post
Next Post

0 komentar: