Kamis, 26 Mei 2022

Memperbaiki Error Deployment failed with HRESULT: 0x80073D02 di Windows 10/11

 


Microsoft Store memiliki banyak aplikasi yang dapat kita install di komputer Windows 10 atau Windows 11 kita. Saat aplikasi Microsoft Store tertentu berhenti berfungsi, kita dapat memperbaikinya melalui beberapa metode pemecahan masalah yang berbeda. Mendaftar ulang aplikasi adalah salah satu metode pemecahan masalah ini. Untuk melakukannya, anda harus menjalankan perintah di Windows PowerShell. Saat menjalankan perintah untuk mendaftarkan ulang aplikasi Microsoft Store di Windows PowerShell, beberapa pengguna mengalami error Deployment Failed with HRESULT 0x80073D02, The package could not be installed because resources it modifies are currently in use. Jika error ini juga terjadi pada system anda, maka anda tidak akan dapat mendaftarkan ulang aplikasi Microsoft Store tertentu. 


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

Add-AppxPackage : Deployment failed with HRESULT: 0x80073D02, The package could not be installed because resources it modifies are currently in use.

error 0x80073D02: Unable to install because the following apps need to be closed

<app or process name>



Dalam pesan error di atas, anda akan melihat nama aplikasi atau proses menggantikan “app or process name” yang perlu ditutup. Artikel ini memberikan beberapa metode pemecahan masalah yang akan membantu anda mengatasi masalah ini.



Memperbaiki Error Deployment failed with HRESULT: 0x80073D02


Jika anda mengalami error Deployment failed with HRESULT: 0x80073D02 di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba beberapa metode perbaikan berikut untuk menyelesaikan masalah ini.



1. Periksa Update Windows


Terkadang masalah terjadi karena versi Windows yang out of date. Microsoft menyarankan pengguna untuk selalu mengupdate system mereka. Update terbaru juga menginstall security patch terbaru pada system pengguna yang membantu melindungi mereka dari serangan cyber. Selain itu, update terbaru juga memperbaiki masalah yang dialami pengguna di komputer Windows karena beberapa bug.



Untuk itu, buka Settings Windows 10 atau Windows 11 anda dengan menekan tombol Win + I dan periksa Windows Update. Jika ada update yang tersedia, maka install itu dan lihat apakah ini memperbaiki masalah.



2. Hentikan Aplikasi atau Proses Background


Pesan error ini cukup jelas. Jika anda membacanya dengan cermat, maka nama aplikasi atau proses yang menyebabkan masalah akan ditampilkan di akhir pesan. Menurut pesan error, perintah untuk mendaftar ulang aplikasi tidak dapat dijalankan karena aplikasi tidak ditutup. Ini berarti bahwa aplikasi atau proses yang namanya ditampilkan dalam pesan sedang berjalan di background. Untuk memperbaiki masalah, anda harus menghentikan aplikasi atau proses tersebut. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  • Di jendela Task Manager, alihkan ke tab Processes.
  • Setelah itu, temukan aplikasi atau proses yang namanya ditampilkan dalam pesan error dibawah bagian Background processes.
  • Setelah anda menemukannya, klik kanan padanya dan pilih End Task.



Setelah melakukan langkah-langkah di atas, anda seharusnya dapat mendaftarkan ulang aplikasi melalui Windows PowerShell. Jika ini tidak membantu, coba solusi berikutnya.



3. Buat User Account Baru


Terkadang, masalah terjadi di user account tertentu. Saya menyarankan anda membuat user account baru dan kemudian melihat apakah anda dapat mendaftarkan ulang aplikasi dari akun pengguna tersebut. Anda dapat membuat akun pengguna baru dari Settings Windows 10 atau Windows 11.




4. Install Ulang Aplikasi


Anda mendaftarkan ulang aplikasi tertentu melalui Windows PowerShell karena anda menghadapi beberapa masalah di aplikasi tersebut. Salah satu cara untuk memperbaiki aplikasi yang bermasalah pada Windows 10 atau Windows 11 adalah menginstalnya kembali. Karena Windows PowerShell memberi anda error sehingga anda tidak dapat mendaftarkan ulang aplikasi. Anda dapat mencoba menguninstall dan kemudian menginstall ulang aplikasi yang bermasalah.


Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menguninstall dan menginstall ulang aplikasi yang bermasalah tersebut. Di bawah ini adalah langkah-langkah dari Windows 11, jadi jika anda pengguna Windows 10 maka anda perlu sedikit menyesuaikan letak opsi yang dimaksud.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Apps & features.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, anda akan melihat daftar semua aplikasi dan software yang diinstall di komputer anda. Temukan aplikasi yang bermasalah tersebut disana.
  • Setelah anda menemukannya, klik menu tiga titik di sampingnya (di Windows 11) atau klik aplikasi (di Windows10) dan klik Uninstall.


  • Setelah menguninstall aplikasi, buka Microsoft Store, kemudian temukan aplikasi dan install kembali aplikasi.



5. Lakukan Upgrade dengan Media Creation Tool


Jika setelah menginstall ulang aplikasi, anda mengalami masalah yang sama di dalamnya dan mendaftar ulang juga tidak berfungsi, maka lakukan upgrade menggunakan Media Creation Tool. Melakukan upgrade menggunakan Media Creation Tool akan menginstall system operasi Windows 10 atau Windows 11 di komputer pengguna tanpa menguninstall versi OS Windows sebelumnya. Ini adalah alternatif terakhir sebelum anda melakukan clean install System Operasi Windows anda.



Selain itu, melakukan upgrade menggunakan Media Creation Tool tidak menghapus data anda. Tetapi untuk lebih amannya, saya akan menyarankan anda selalu membackup semua data anda sebelum melakukan upgrade menggunakan Media Creation Tool. Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di artikel ini. Untuk mendapatkan Media Creation Tool, anda dapat membacanya disini untuk Windows 10 atau disini untuk Windows 11.


Langkah ini harus memperbaiki masalah.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki Microsoft Store error di Windows 10/11 atau cara uninstal aplikasi bawaan di Windows 10/11 menggunakan PowerShell.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Deployment failed with HRESULT: 0x80073D02 di Windows 10/11 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2022/05/memperbaiki-error-deployment-failed.html
Previous Post
Next Post

0 komentar: