Selasa, 11 Oktober 2022

Memperbaiki Error Add-AppxPackage Deployment failed with HRESULT 0x80073CFF di Windows 10/11

 


Jika ketika anda mencoba menginstall atau mengupdate aplikasi dari Microsoft Store menggunakan Add-AppxPackage cmdlet PowerShell di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda dan anda mendapatkan output yang menyatakan bahwa Add-AppxPackage Deployment failed with HRESULT 0x80073CFF, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda dengan solusi yang paling sesuai.


Ketika anda mendapatkan error ini pada perangkat anda, maka anda akan menerima pesan error di sepanjang baris serupa berikut.

Add-AppxPackage : Deployment failed with HRESULT: 0x80073CFF, To install this application you need either a Windows developer license or a sideloading-enabled system. Package <NameOfApp> with Windows Store origin cannot be sideloaded or installe using developer mode option. NOTE: For additional information, look for [ActivityId] 4d02cd87-927a-0006-31cf-024d7a92d101 in the Event Log or use the command line Get-AppxLog -ActivityID 4d02cd87-927a-0006-31cf-024d7a92d101 At line:1 char:1




Saat melakukan penelusuran, saya menemukan penjelasan tentang error code 0x80073CFF dan mengapa itu bisa terjadi pada komputer anda. Dan berikut adalah  error code, value dan deskripsi lengkapnya.

ERROR_INSTALL_POLICY_FAILURE - 0x80073CFF

Untuk menginstall aplikasi ini, anda memerlukan lisensi pengembang atau system yang mendukung sideloading. Anda mungkin mendapatkan error ini jika package tidak memenuhi salah satu persyaratan berikut ini.

  • Aplikasi ini disebarkan menggunakan F5 di Visual Studio pada komputer dengan lisensi pengembang Windows.
  • Package di-signed dengan signature Microsoft dan disebarkan sebagai bagian dari Windows atau dari Microsoft Store.
  • Package di-signed dengan trusted signature dan diinstall di komputer dengan lisensi pengembang, komputer yang bergabung dengan domain dengan kebijakan AllowAllTrustedApps diaktifkan, atau komputer dengan lisensi Windows Sideloading dengan kebijakan AllowAllTrustedApps diaktifkan.



Memperbaiki Error Add-AppxPackage Deployment failed with HRESULT 0x80073CFF


Jika anda mendapatkan error Add-AppxPackage Deployment failed with HRESULT 0x80073CFF saat anda mencoba menginstall atau mengupdate aplikasi dari Microsoft Store menggunakan cmdlet Add-AppxPackage PowerShell di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menerapkan beberapa metode perbaikan yang disarankan dibawah ini untuk menyelesaikan masalah ini.



1. Daftar Periksa Awal


Sebelum melanjutkan dengan solusi lainnya dibawah ini, anda dapat menyelesaikan setiap tugas berikut ini dan setelah setiap tugas, lihat apakah anda dapat menginstall aplikasi menggunakan Add-AppxPackage cmdlet PowerShell tanpa masalah.

  • Install aplikasi menggunakan cara alternatif. Dengan asumsi tidak ada alasan khusus mengapa anda perlu menginstall aplikasi yang tersedia di Microsoft Store menggunakan Add-AppxPackage cmdlet PowerShell, anda juga bisa mendapatkan atau menyebarkan aplikasi langsung dari aplikasi Microsoft Store di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda. Atau anda dapat menggunakan utilitas command line Winget untuk mendownload atau menginstall aplikasi di perangkat anda dari Microsoft Store.
  • Update Windows. Dalam beberapa kasus, masalah memang terjadi karena bug dan vendor atau pengembang software biasanya akan merilis update untuk software mereka. Update ini berisi perbaikan untuk bug yang dilaporkan oleh pengguna. Jadi, disarankan untuk selalu memastikan Windows diupdate ke versi/build terbaru untuk menyingkirkan bug yang sudah diketahui yang mungkin ada di OS. Ini juga memastikan anda menjalankan PowerShell versi terbaru. Setelah menginstall update Windows terbaru, periksa apakah masalah tetap ada.
  • Edit file AppxManifest. Anda harus melakukan ini setelah anda mengupdate Windows ke versi terbaru. Di dalam folder aplikasi yang direferensikan, anda perlu mengedit baris TargetDeviceFamily AppxManifest sebagai berikut dan pastikan untuk mengganti perintah WinBuild dengan nomor build Windows anda saat ini. Setelah itu, jalankan perintah Add-AppxPackage.
<TargetDeviceFamily Name="Windows.Desktop" MinVersion="10.0.WinBuild" MaxVersionTested="10.0.WinBuild" />


2. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter

Troubleshooter bawaan dirancang untuk membantu pengguna PC secara otomatis memperbaiki beberapa masalah umum yang mungkin mereka temui di perangkat Windows mereka. Dalam kasus khusus ini, menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter akan sangat membantu. Ini adalah ide yang bagus dan saya menyarankan anda untuk menjalankan troubleshooter ini untuk masalah terkait aplikasi Microsoft Store.

Di Windows 10:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan di jendela Settings pilih Update & Security.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional Troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Jendela Windows Store Apps Troubleshooter akan muncul. Ikuti petunjuk yang di tampilkan.


Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.



3. Aktifkan Developer Mode untuk Mengaktifkan SideLoad Aplikasi

Seperti yang telah ditunjukkan dalam pesan error Add-AppxPackage Deployment failed with HRESULT 0x80073CFF karena perangkat aplikasi yang dimaksud diinstall tidak terdaftar dengan lisensi pengembang Windows untuk side loading aplikasi. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat mengaktifkan Developer Mode. Untuk mengaktifkan SideLoading aplikasi di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat mengikuti salah satu metode berikut ini.

Menggunakan PowerShell:
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Show-WindowsDeveloperLicenseRegistration

  • Di halaman For developers yang terbuka di jendela Settings, ikuti langkah yang sama di metode lainnya dibawah ini.

Melalui Settings Windows:

Di Windows 10:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Update and Security.
  • Selanjutnya, klik For Developers di panel kiri.
  • Sekarang, aktifkan Developer Mode ke On di panel kanan dan klik Yes di jendela konfirmasi.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik opsi Privacy & security di panel kiri dan klik For developers di panel kanan.
  • Selanjutnya, aktifkan Developer Mode ke On di panel kanan dan klik Yes di jendela konfirmasi.


Anda sekarang dapat mencoba mengdownload kembali aplikasi. Namun perlu diingat bahwa tindakan ini tidak ideal untuk dipertahankan atau sebagai solusi karena tindakan ini melonggarkan pembatasan pada symlink dan beberapa hal lainnya. Jadi, sebagai tindakan pencegahan, anda dapat menonaktifkan Developer Mode setelah aplikasi terinstall di perangkat anda.


4. Buat User Account Baru

Semua hal lain dianggap sama, dalam beberapa kasus masalah seperti masalah yang anda hadapi saat ini dapat terjadi di user account tertentu terutama jika akun/profil rusak. Dalam hal ini, anda dapat memperbaiki user account anda saat ini dan/atau membuat user account baru dan kemudian melihat apakah anda berhasil menginstall aplikasi dari user account tersebut. Jika semuanya berfungsi dengan baik di user account baru dan ada masalah lain dengan user account lama, maka anda dapat mentransfer file/data anda ke profil account baru dan kemudian menghapus akun/profil lama.


5. Konfigurasikan Group Policy untuk Mengizinkan Semua Aplikasi Tepercaya untuk Diinstall

Jika anda mengalami masalah ini di lingkungan perusahaan, anda dapat mengonfigurasi GPMC di perangkat lokal agar semua aplikasi tepercaya dapat diinstall. Untuk melakukan tugas ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.


  • Buka Group Policy Management Console.
  • Di jendela Group Policy Management Console, telusuri jalur berikut ini.
Computer Configuration - Policies - Administrative Templates - Windows Components - App Package Deployment

  • Di lokasi, di panel kanan, klik dobel pada kebijakan Allow all trusted apps to install untuk mengedit propertiesnya.
  • Di jendela properties kebijakan yang terbuka, pilih Enabled, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.

Jika anda pengguna komputer pribadi, maka buka Local Group Policy Editor dengan menekan tombol Win + R, ketik gpedit.msc dan tekan Enter. Selanjutnya aktifkan kebijakan diatas di jalur berikut ini
Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - App Package Deployment

Catatan: Sebelum app package adalah trusted app package, certificate (root), yang digunakan untuk signed app package harus trusted (dipercaya). Jadi, untuk mengonfigurasi Group Policy untuk mengimpor certificate root dengan benar untuk semua komputer, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Group Policy Management Console.
  • Kemudian di jendela Group Policy Management Console, telusuri jalur berikut ini.
Computer Configuration - Policies - Windows Settings - Security Settings - Public Key Policies

  • Di lokasi, di panel kanan, klik kanan pada kebijakan Trusted Root Certification Authorities dan pilih Import.
  • Di jendela Certificate Import Wizard, lakukan hal berikut ini.
  1. Pada halaman Welcome, klik Next.
  2. Pada halaman File to Import, Browse ke sertifikat dan klik Next.
  3. Pada halaman Certificate Store, klik Next.
  4. Pada halaman Completion, klik Finish.
  • Terakhir, tutup Group Policy Management Console setelah selesai.


6. Lakukan System Restore

Beberapa pengguna yang terpengaruh melaporkan bahwa mereka sebelumnya dapat menerapkan aplikasi pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 mereka dengan menjalankan Add-AppxPackage  cmdlet PowerShell. Dalam hal ini, selain mengupdate Windows baru-baru ini, bisa jadi system anda telah mengalami beberapa perubahan yang mungkin tidak anda sadari. Jadi, untuk mengatasi masalah ini, jika skenario ini berlaku untuk anda, anda dapat menguninstall semua update system yang baru diinstall. Jika tidak, karena anda tidak tahu perubahan apa yang mungkin telah merusak fungsionalitas PowerShell ini, maka anda dapat melakukan System Restore untuk mengembalikan system anda ke titik waktu sebelumnya ketika anda tahu bahwa anda tidak mengalami masalah yang anda hadapi saat ini.



7. Reset PC atau Upgrade dengan Media Creation Tool

Sebagai upaya terakhir, jika tidak ada yang berhasil, anda dapat mereset PC anda dan memilih opsi untuk menyimpan file pribadi. Jika masalah berlanjut, anda mungkin menghadapi kerusakan system yang parah, dalam hal ini anda dapat melakukan upgrade dengan Media Creation Tool dengan mengikuti langkah yang sama di artikel ini.



Semoga, salah satu dari perbaikan ini akan berhasil untuk anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara install Windows Subsystem for Android (WSA) di Windows 11 atau cara sideload aplikasi Android menggunakan Windows Subsystem for Android di Windows 11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Add-AppxPackage Deployment failed with HRESULT 0x80073CFF di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Jika anda menemukan solusi lainnya yang tidak disebutkan diatas, maka jangan lupa untuk berbagi. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2022/10/memperbaiki-error-add-appxpackage.html
Previous Post
Next Post

0 komentar: