Cara Menggunakan Rumus Excel sangat lahh mudah anda hanya perlu mengetahui tahapan serta penulisan yang benar, Microsoft Excel akan secara otomatis memberikan saran dalam penulisan rumus yang nantinya anda gunakan, anda hanya perlu menuliskan awal nama dari rumus fungsi yang ingin anda gunakan lalu akan muncul daftar rumus yang memiliki huruf yang anda tuliskan selanjutnya anda dapat menekan tombol tab untuk langsung menggunakannya
Microsoft Excel merupakan software pengolah angka yang cukup populer saat ini software ini mampu menjadi pendukung kerja manusia dimana software ini dapat melakukan penghitungan yang banyak ragamnya, didalamnya terdapat banyak rumus fungsi yang dapat digunakan untuk menghitunng selain itu dapat juga digunakan untuk membuat laporan dalam bentuk tabel, dalam pekerjaan kantor tentu ada Rumus Fungsi Dasar yang sering digunakan dalam kantor untuk memudahkan pekerjaan
Microsoft Excel merupakan software pengolah angka yang cukup populer saat ini software ini mampu menjadi pendukung kerja manusia dimana software ini dapat melakukan penghitungan yang banyak ragamnya, didalamnya terdapat banyak rumus fungsi yang dapat digunakan untuk menghitunng selain itu dapat juga digunakan untuk membuat laporan dalam bentuk tabel, dalam pekerjaan kantor tentu ada Rumus Fungsi Dasar yang sering digunakan dalam kantor untuk memudahkan pekerjaan
Cara Menulis Rumus Fungsi Excel cukup mudah setelah anda mengetahui apa fungsi dari dan kegunaan Microsoft Excel kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara menggunakan rumus ini sehingga anda tau bagaimana cara menggunakan rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel yang berguna untuk mempercepat proses perhitungan dengan menggunakan Microsoft Excel
Untuk menggunakan rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel tentu anda harus memahami bagaimana cara penulisan rumus fungsi dan juga harus mengetahui rumus fungsi apa saja yang ada pada Microsoft Excel, pada Microsoft Excel terdapat ratusan rumus yang dapat anda gunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan semua rumus tersebut dikelompokkan sesuai dengan kegunaan fungsi tersebut, rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel diberikan nama sesuai dengan kegunaannya sehingga anda harus tahu betul apa saja nama dari rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel
mari kita lihat bagaimanakah cara membuat Rumus Microsoft Excel | Cara Menggunakan Rumus Excel di Ms Excel semoga bermanfaat untuk anda
Dalam pembuatan rumus fungsi yang sederhana diperlukan tanda/symbol/karakter/operator sama dengan (=) yang merupakan awal dari penulisan rumus fungsi, pada Microsoft Excel penulisan tanda sama dengan (=) merupakan hal utama yang harus anda lakukan untuk memulai perhitungan dengan Microsoft Excel, ketika anda menggunakan tanda sama dengan (=) pada cell yang ada pada Microsoft Excel maka character selanjutnya yang anda tambahkan akan dianggap sebagai operasi perhitungan
Selain bagaimana penggunaan rumus di microsoft excel saya juga akan memberitahukan kepada anda penggunaan lain dari Microsoft Excel seperti penggunaan rumus fungsi, mengambil data cell, dan lainnya
A. Penggunaan Operasi Hitung Dasar
Operasi perhitungan yang ada pada Microsoft Excel seperti menggunakan rumus fungsi, menyamakan data dengan cell yang lain, penghitungan langsung, atau mengambil data dari cell yang lain tergantung kebutuhan anda, misal jika anda ingin menggunakan untuk mengambil data dari cell yang lain anda cukup menuliskan tanda sama dengan (=) lalu menuliskan nama cell yang diinginkan contohnya =a1 maka akan diambil data yang ada pada cell a1, lalu pada operasi lain jika anda menulis character saja setelah tanda sama dengan dan tidak memiliki arti sama sekali maka Microsoft Excel akan menganggapnya error atau salah, dan masih banyak operasi lain yang dapat anda lakukan dengan Microsoft Excel untuk itu saya akan menjelaskannya satu per satu kepada anda semoga ini dapat membantu anda dalam menggunakan rumus fungsi yang ada di Microsoft Excel
Untuk pertama kali anda harus mengenal penulisan sederhana dari rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel 2007, saya akan mencontohkan bagaimana penggunaan rumus dengan perhitungan angka sederhana berikut tahapan perhitungannya anda dapat mengikuti setiap tahapnya perlahan
Pertama anda harus menulis operator sama dengan(=)
Kedua tulis angka atau bilangan yang anda ingin hitung
Ketiga tulis operator yang ingin anda gunakan untuk menghitung seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lainnya sesuai dengan keiinginan anda, kali ini saya akan mencontohkan penggunaan operator tambah(+) untuk menjumlahkan bilangan
Keempat tulis angka kedua yang ingin anda tambahkan dengan angka pertama
Kelima lalu tekan enter jika sudah selesai
Anda dapat menambahkan bilangan yang ingin anda hitung dengan Microsoft Excel, anda dapat menggunakan bilangan positif, negatif, pecahan, persen, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan anda, selain itu operator yang digunakan bermacam macam ada operator aritmatika yang digunakan untuk menghitung dan operator logika yang digunakan untuk mencari nilai logika
Baca Juga : Pengenalan Operator Microsoft Excel
Baca Juga : Pengenalan Operator Microsoft Excel
B. Penggunaan Rumus Fungsi Ms Excel
Setelah anda mengetahui penggunaan dasar dari rumus Microsoft Excel kali ini kita akan menggunakan rumus fungsi yang ada di Microsoft Excel, rumus fungsi adalah sebuah rumus yang sudah dibuat Microsoft Excel untuk membantu pekerjaan sehingga anda tidak perlu menuliskan rumus secara manual, seperti jika secara manual untuk penjumlahan anda akan menuliskan rumus =1+2 lalu menekan enter untuk menghitungnya padahal ada cara lain yang dapat anda gunakan yaitu menggunakan rumus fungsi yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel untuk penjumlahan anda cukup menggunakan rumus fungsi SUM untuk menjumlahkan anda hanya perlu memasukkan angka saja kedalam rumus fungsi tersebut, untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan rumus fungsi saya akan mencontohkan penggunaan rumus fungsi
Saya akan mencontohkan penggunaan rumus fungsi yang umum digunakan dan juga contoh penggunaan rumus fungsi yang berhubungan logika yaitu IF
Pertama tulis simbol atau karakter sama dengan (=) untuk awal penulisan rumus fungsi
Kedua tulis rumus fungsi yang ingin anda gunakan, kali ini saya akan mencontohkan penggunaan rumus fungsi SUM, pada umumnya untuk semua rumus fungsi diawali dengan cara yang sama yang membedakan adalah nama dari rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel jadi pastikan anda sudah mengetahui nama dan bentuk dari rumus fungsi yang anda inginkan
Ketiga kemudian setelah menulis rumus fungsi tambahkan operator tanda kurung ( untuk mengawali value yang akan dihitung, biasanya ketika anda menuliskan rumus fungsi lalu menekan tombol tab secara otomatis Microsoft Excel akan menulis kurung buka "(" jika belum anda dapat menuliskan rumus fungsi dan menambahkan tanda kurung buka "(" secara manual
Keempat masukkan value yang ingin anda hitung dapat anda isi dengan bilangan yang diinginkan
anda dapat menambahkan banyak bilangan yang ingin anda hitung dengan memberikan Operator pemisah atau Operator Union, pada contoh saya menggunakan titik koma karena setingan bahasa yang ada pada komputer adalah bahasa indonesia jika anda tidak bisa menggunakan titik koma maka pakai tanda koma
untuk rumus fungsi yang lain tentu bentuk isi yang harus anda isi kan ke dalam rumus fungsi akan berbeda tergantung rumus fungsi yang anda gunakan, anda harus membaca apa saja yang diperlukan oleh rumus fungsi agar mendapat kan hasil yang anda ingin kan
Kelima tekan tombol keyboard enter jika sudah selesai menghitung angka yang anda inginkan
Bagaimana ? Mudahkan ?..... anda dapat menghitung dengan mudah menghitung dengan menggunakan rumus fungsi yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel, untuk itu anda perlu mengetahui apasaja rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel
Selanjutnya saya akan menunjukkan bagaimana cara menggunakan rumus fungsi yang berhubungan dengan logika yaitu rumus fungsi IF, dan rumus fungsi IF dapat ditambahkan dengan operasi hitung lain seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lainnya anda dapat mengikuti setiap tahap ini dengan perlahan
berikut penjelasan tahapan penggunaan rumus fungsi IF
Pertama tulis operator sama dengan (=) untuk memulai penggunaan rumus fungsi
Kedua tulis kata IF untuk menggunakan rumus fungsi IF pada Microsoft Excel dan tambahkan tanda kurung buka ( untuk awal memasukkan isi yang akan digunakan untuk menghitung dengan rumus fungsi biasanya setelah anda menuliskan nama rumus fungsi lalu menekan tombol tab pada keyboard maka otomatis Microsoft Excel akan menambahkan tanda kurung buka (
Ketiga masukkan nilai yang dibandingkan untuk mengetahui benar atau salah yang nantinya akan digunakan untuk pemilihan apakah akan menggunakan perintah yang benar atau perintah yang salah
disini saya menggunakan perbandingan apakah 1 lebih kecil dari 2 anda dapat menggunakan Operator pembanding lain yang ada pada Microsoft Excel, dan tidak hanya operator pembanding anda juga dapat menggunakan rumus fungsi lain yang digunakan untuk pembanding
Keempat masukkan operator pemisah atau operator union lalu masukkan bagian perintah benar, maksudnya jika hasil dari perbandingan itu benar atau true maka akan melakukan perintah benar yaitu mencetak kata "aku"
Kelima masukkan lagi operator pemisah atau operator union untuk memisahkan argumen, lalu masukkan bagian perintah salah jika hasil dari perbandingan salah maka akan dilakukan perintah salah yaitu mencetak kata "dia" kemudian jika sudah tekan enter untuk melihat hasilnya
Keenam kemudian jika sudah tekan enter untuk melihat hasil dari perhitungan rumus fungsi
tentu dalam penggunaan rumus fungsi IF diperlukan beberapa bagian yang harus anda gunakan untuk memproses logika, ada 3 bagian pada rumus fungsi IF yaitu logical_test , value_true , dan value_false yang harus anda isi untuk menggunakan rumus fungsi IF namun dalam penggunaannya rumus fungsi IF
Baca Juga : Penggunaan Rumus Fungsi IF
Baca Juga : Penggunaan Rumus Fungsi IF
Itu adalah sebagian rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel yang dapat anda gunakan untuk membantu pekerjaan dan perlu untuk diingat dalam penulisannya rumus fungsi besar kecilnya huruf yang anda gunakan untuk menuliskan nama dari rumus fungsi yang ada tidalah berpengaruh yang penting selama penulisan benar maka akan tetap bisa digunakan
C. Penggunaan Untuk Mengambil Referensi Data Cell
Selain untuk menghitung dengan operator aritmatika dan menggunakan rumus fungsi yang ada pada Microsoft Excel anda juga dapat mengambil data dari cell yang anda ingin ambil datanya, anda dapat menuliskan nama cell setelah operator sama dengan (=) lalu menekan enter untuk melihat hasilnya, jika anda hanya menuliskan nama cell setelah operator sama dengan (=) maka hasilnya cell yang kita tulis rumus isinya akan sama dengan cell yang anda tulis tadi
Mengambil referensi data dari cell yang lain cukup membantu untuk perhitungan atau membuat laporan karena secara otomatis isi cell a yang kita atur untuk melihat cell b lmaka akan sama isi cellnya sehingga ketika ada perubahan isi pada cell b secara otomatis isi cell a juga akan mengalami perubahan
Selanjutnya saya akan menjelaskan secara bertahap bagaimana cara mengambil data dari cell lain sederhana dengan tahap per tahap, berikut adalah penjelasannya
Pertama tulis operator sama dengan (=) dengan untuk memilai penulisan rumus
Kedua tulis nama cell yang anda inginkan, nama cell yang pertama ditulis adalah bagian kolom cell lalu nama baris cell, jika anda menuliskannya terbalik maka Microsoft Excel tidak akan mengenali cell yang anda ingin gunakan
Ketiga pada tahap ini selain anda menuliskan nama cell yang ingin diambil datanya, anda juga dapat mengklik cell yang ingin diambil sehingga anda tidak perlu repot menulis nama cell
Keempat tekan enter setelah anda selesai menuliskan nama cell untuk melihat hasil
perlu diingat baris dan kolom itu berbeda namun jika anda bingung saya akan memberikan contoh dengan gambar perbedaan kolom dan baris berikut adalah gambarannya :
Pengambilan data dari cell lain biasanya tidak hanya mengambil 1 buah cell saja tetapi dapat mengambil beberapa cell yang digunakan untuk menghitung atau disebut dengan rentang cell, rentang cell adalah sekumpulan data yang sudah dipilih oleh pengguna dimana isinya nanti dari setiap cell yang dipilih akan diproses dengan operasi perhitungan yang ada pada Microsoft Excel
Baca Juga : Mengambil Data dari Rentang Cell dengan Mudah
Demikian ulasan saya kali ini perihal Rumus Microsoft Excel atau Cara Menggunakan Rumus Excel Di Ms Excel. semoga apa yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda.
0 komentar: