Cara Buat Tabel sangatlah mudah, terdapat berbagai tool atau alat, yang dapat anda gunakan untuk membuat tabel, tentunya dengan cepat dan mudah, sehingga dapat membantu pekerjaan anda dalam membuat tabel, anda dapat menggunakan sebuah software untuk membuat tabel. Saat ini terdapat banyak sekali, software pengolah kata yang dapat digunakan untuk membuat tabel, dan tentunya ini sangat membantu sekali dalam mebuat laporan
Pengertian Tabel | Table sendiri adalah sebuah daftar, yang berisi informasi dalam bentuk kata - kata ataupun angka, dan setiap kata atau angka ini dibatasi oleh garis - garis, dengan tujuan agar informasi tersebut terlihat rapih. Tabel ini sering digunakan untuk membuat laporan, dan laporan tersebut, bisa berupa laporan keuangan, laporan karyawan, laporan pendataan penduduk, dan masih banyak lagi contoh laporan yang dapat menggunakan tabel, sehingga pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada anda, bagaimana cara membuat tabel ms word 2010
Membuat Tabel Ms Word 2010 |
Cara Membuat Tabel Ms Word
Sebelum mengetahui cara membuat tabel di ms word, anda perlu mengetahui tool atau alat, yang digunakan untuk membuat tabel, berikut adalah penjelasannya
Pada Tab Insert > Group Tables
terdapat 1 buah icon, yaitu icon tables, yang mana icon ini, merupakan sebuah tool atau alat, yang dapat digunakan untuk membuat tabel
pada icon tersebut, jika anda mengkliknya, maka akan muncul berbagai icon tool yang lain, berikut penjelasannya
1. Insert Table1 (angka 1 ini dimaksudkan agar memudahkan untuk pembedaan)
2. Insert Table2 (angka 2 ini dimaksudkan agar memudahkan untuk pembedaan)
3. Draw Table
4. Convert Text To Table
5. Excel Spreadsheet
6. Quick Tables
kesemua icon tool ini dapat anda gunakan untuk membuat tabel dengan mudah, berikut adalah cara membuat table dengan tool atau alat tersebut
A. Insert Table Otomatis
Insert Tabel yang berada paling atas, dapat anda gunakan untuk membuat tabel secara instant, jadi anda tidak perlu menuliskan seberapa banyak kolom dan baris yang anda inginkan, anda cukup mengarahkan pointer keatas kotak - kotak yang ada pada bagian ini, untuk lebih jelasnya berikut adalah cara menggunakannya
1. Klik icon tables > lalu arahkan, pointer mouse ke kotak - kotak
2. Pilih seberapa besar dimensi tabel yang diinginkan
3. Jika sudah menentukan besar tabel yang akan dibuat, langsung saja klik kotak tersebut
Maka secara otomatis, tabel akan terbuat pada lembar halaman document, dan besar dimensinya sesuai dengan kotak yang anda pilih tadi, tentunya dengan cara ini anda dapat dengan mudah membuat tabel, namun cara ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya, besar tabel yang dapat dibuat tidak dapat melebihi 10 X 8, jadi anda hanya dapat membuat tabel dibawah dari ukuran tersebut
B. Insert Table Manual
Cara yang selanjutnya adalah menggunakan insert table yang ada dibawahnya, cara ini mengharuskan anda untuk membuat table, dengan cara mengetikkan sendiri seberapa besar tabel yang dibuat, berikut adalah penjelasan penggunaannya
1. Klik icon tables > kemudian klik insert table
2. Setelah muncul jendela insert table, masukkan berapa banyak kolom yang diinginkan pada "Number of Column", dan banyak baris yang diinginkan pada "Number of Row"
berikut penjelsana jendela insert table :
- Number of Column, digunakan untuk menentukan banyaknya kolom tabel yang akan dibuat
- Number of Row, digunakan untuk menentukan banyaknya baris tabel yang akan dibuat
- Fixed Column With, digunakan untuk mengatur lebar kolom, dengan ukuran tertentu
- AutoFit to Contents, digunakan untuk mengatur lebar kolom, dari isi kolom tabel terpanjang
- AutoFit to Window, digunakan untuk mengatur lebar tabel, disesuaikan dengan lebar document
- Remember Dimensions for New Tables, jika anda mencetangnya maka setiap anda membuat tabel baru dengan cara ini, maka microsoft word akan menggunakan pengaturan sebelumnya dalam mebuat tabel
3. Kemudian klik "Ok"
Setelah anda mengklik ok maka tabel akan terbuat, sesuai dengan ukuran yang anda tentukan sebelumnya, dengan cara ini anda dapat menentukan ukuran tabel dengan bebas, tanpa adanya batasan dalam jumlah baris dan kolom, dan untuk lebar jarak antara setiap kolom juga dapat anda atur, pada jendela insert table, disitu terdapat berbagai pilihan yang dapat anda pilih, yang sudah saya jelaskan sebelumnya
C. Draw Table
Dengan cara ini anda dapat membuat sendiri, tabel yang diinginkan, tanpa perlu mengetikkan berapa jumlah baris dan kolom yang diinginkan, berikut adalah cara penggunaannya
2. Ketika pointer mouse anda berubah menjadi gambar pencil, klik tahan pada satu titik, lalu drag ke arah yang diingikan, dan untuk lebarnya anda dapat mendragnya sepanjang yang anda butuhkan
3. Untuk membagi tabel tersebut, klik pada sisi tabel, kemudian drag ke ujung sisi yang lain dari tabel tersebut
Ulangi langkah tesebut untuk membagi tabel sesuai dengan kebutuhan
Cara ini merupakan cara simpel dan mudah dalam membuat tabel. namun yang perlu diperhatikan ketika anda menggambar tabel tersebut, karena ketika anda ingin membagi tabel tersebut, pointer mouse haruslah tepat berada di sisi tabel yang akan dibagi, jika anda tidak tepat, maka akan menggambar tabel lain di dalam tabel tersebut, dan jika sudah selesai menggambar tabel, anda dapat menekan tombol "Esc" pada keyboard, untuk keluar dari mode menggambar tabel
D. Convert Text to Table
Dengan cara ini anda dapat membuat tabel dari kata - kata yang sudah anda buat, sehingga anda tidak perlu secara manual dalam measukkan kata - kata tersebut pada masing masing kotak tabel, berikut adalah penjelasan cara penggunaannya
1. Tulis kata - kata yang anda ingin masukkan kedalam tabel
2, Blok / Sleksi kata - kata tersebut
3, Klik icon tables > kemudian pilih " Convert Text to Table "
4. Akan muncul jendela convert text to table, anda dapat mengatur jumlah tabel yang dibuat, dan seberapa besar jarak antar kolom
Pada jendela ini terdapat bagian " Separate Text at ", yang mana bagian ini untuk mengatur pemisah antar kata, yang akan dimasukkan kedalam setiap isi tabel, berikut adalah penjelasannya
- Paragraphs, memisahkan antar kata berdasarkan enter baris
- Tabs, memisahkan antar kata berdasarkan tab diantara kata
- Semicolons, memisahkan antar kata berdasarkan tanda titik koma (;) diantara kata
- Other, memisahkan antar kata berdasarkan character yang anda inginkan
untuk menggunakannnya, misal anda menggunakan pemisah berupa koma (,) maka taruh character koma diantara kata kata yang akan dipisah
E, Excel Spreadsheet
Dengan cara ini anda dapat membuat tabel, yang dapat menghitung menggunakan rumus, sama halnya dengan menggunakan tabel di excel. berikut penjelasan penggunaannya
1. Klik icon tables > kemudian pilih " Excel Spreadsheet "
2. Akan muncul sebuah tabel excel, di tabel tersebut anda dapat memasukkan isi tabel sesuai dengan kotak tabel yang diinginkan,
3. Pada tabel tersebut anda dapat menggunakan rumus excel untuk menghitung
4. Untuk banyak kolom dan baris, anda dapat mengurangi jumlah baris dan kolom tabel dengan menggeser bagian pinggir dari tabel
5. kemudian jika sudah selesai double klik pada halaman document (slain area tabel)
Tabel yang dibuat dengan cara ini, tentunya berbeda dengan tabel yang dibuat dengan cara yang lain, tabel ini dapat menghitung secara otomatis, dengan menggunakan rumus yang ada pada microsoft excel
F. Quick Tables
Dengan menggunakan cara ini, anda dapat membuat sebuah tabel dari template yang sudah disediakan oleh microsoft word, sehingga anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan anda, berikut penjelasan penggunaannya
1. Klik icon Tables > kemudian arahkan pointer mouse ke " Quick Tables "
2. Pilih template tabel sesuai dengan kebutuhan
template yang disediakan cukup beragam, ada tabel untuk kalender, double tabel, matriks, dan lainnya yang tentunya, tabel ini masih dapat anda sesuaikan lagi sesuai dengan kebutuhan anda
3. Atur tabel sesuai dengan keinginan
untuk mengatur jarak, anda dapat mengarahkan pointer ke garis yang ada pada tabel, dan menggesernya sesuai dengan besar yang diinginkan
untuk mengatur banyak kolom atau baris, seperti menambahkan atau menghapus baris dan kolom, klik pada tabel, akan muncul tab " Table Tools " > kemudian pilih "layout" > kemudian pada group Rows & Columns disitu terdapat tool atau alat yang digunakan untuk menghapus dan menambahkan baris atau kolom
Quick Table |
Sekian artikel saya tentang cara membuat tabel di ms word 2010, saya harap ini dapat bermanfaat untuk anda terima kasih ^_^
0 komentar: