Kamis, 20 Desember 2018

Pengertian, Kemampuan,dan Keuntungan Samba Server

Pengertian, Kemampuan, Daemon, dan Keuntungan Samba Server - Sebutan server pasti sudah tak awam lagi kita dengar dalam dunia jaringan. Namun apa kita tahu sebenarnya apa itu server? Apa hanya sekedar komputer di tengah jaringan? Tentu tidak. Server adalah sebuah komputer yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan komputer lainnya yang mana server ini bertugas sebagai pusat jaringan yang memberikan layanan untuk setiap client yang memintanya. 

Pengertian, Kemampuan,dan Keuntungan Samba Server

Lalu apa itu client? Client adalah setiap komputer yang ada dalam sebuah jaringan yang mana client ini terhubung dengan server untuk meminta layanan yang dibutuhkan. Nah itu sedikit penjelasan seputar Server dan Client. Lalu apa itu samba server? Nah kali ini saya akan mengulas sesuai pengetahuan saya tentang Samba Server.

Pengertian Samba Server

Samba adalah sebuah aplikasi Unix yang berjalan pada sistem Linux yang mana Samba ini mampu menerapkan protocol SMB (Server Message Block) pada platform Linux. 

Yang dimaksud protocol SMB( Server Message Block ) adalah protocol standar buatan Microsoft yang digunakan pada sistem Windows.

Jadi maskudnya disini Samba Server adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada sistem Linux yang mana aplikasi ini mampu menjembatani kerja sistem Linux dan Windows secara bersamaan pada sebuah komputer.

Fungsi Samba Server


  1. Menghubungkan kerja mesin Unix atau Linux dengan sistem Dos atau Windows.
  2. Menempatkan mesin Linux sebagai Primary Domain Controller.
  3. Untuk berbagi sumber daya yang dimiliki komputer baik itu berupa file atau printer ke semua komputer yang terhubung dalam jaringan.
  4. Memberikan otentifikasi kepada setiap client yang login pada suatu domain dalam jaringan.


Kemampuan Samba Server


  1. Mengakses dan mengelola protocol Windows (SMB)
  2. Sangat kompatible saat berjalan dalam sistem Linux dan berjalan dengan baik pada sistem Windows.
  3. Mampu bertindak sebagai Master Browser.


Daemon Samba Server

Apa itu daemon? Daemon adalah aplikasi yang berjalan pada samba server. Dalam samba server terdapat 2 aplikasi utama yaitu:

#Smbd

Smbd merupakan daemon yang berfungsimemberikan layanan untuk berbagi file dan printer dalam suatu jaringan yang menggunakan protocol SMB. 

#Nmbd

Nmbd adalah daemon yan menggunakan service dari WNS ( Windows Internet Name Service dan memberi bantuan pada client untuk browsing di network neighbourhood.

Keuntungan Samba Server


  1. Samba server termasuk dalam aplikasi yang bersifat Opensource dengan Lisensi GNU/GPL (General Public Licence) sehingga kita dapat menggunakan aplikasi ini kapan saja , dimana saja dengan bebas tanpa berbayar.
  2. Mampu menjembatani dan mensinkronisasi kerja sistem operasi yang berbeda dalam sebuah komputer yaitu komputer dengan sistem operasi Linux dan Windows.
  3. Mengoptimalkan mesin Linux sebagai Primary Domain controller sehingga mesin Linux ini memiliki kemampuan seperti kemampuan yang dimiliki Windows NT.
  4. Memberikan layanan untuk dapat saling berbagi (sharing) berbagai sumber daya data baik dari CDROM,Disket,Harddisk,Flashdisk,dan lain lain.
  5. Dapat menangani pembagaian sumber daya perangkat keluaran seperti printer, plotter sehingga peralatan ini dapat digunakan secara bersama-sama dalam jaringan.
  6. Memberikan izin kepada komputer Windows untuk dapat mengakses driver yang dimiliki oleh komputer Linux.
  7. Memberikan hubungan antar komputer dengan teknik WINS Name Server Resolution.
  8. Membantu komputer windows untuk dapat mengakses data dari komputer Linux begitupun sebaliknya. 

Sekian penjelasan tentang Samba server. Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: