Jumat, 30 September 2022

Memperbaiki Error StartMenuExperienceHost.exe, Event ID 1000 dan 1002 di Windows 10/11

 


Anda mungkin mendapati Start Menu tidak berfungsi, membuka, freezing atau tidak merespons setelah anda mengupdate atau mengupgrade system Windows 10 atau Windwos 11 anda. Dan saat anda memeriksa Event Viewer atau masuk dibawah Critical event di Reliability Monitor di Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin melihat error StartMenuExperienceHost.exe dengan Event ID 1000 atau 1002. Jika demikian, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda dengan solusi yang paling sesuai untuk menyelesaikan masalah tersebut.




Apa itu StartMenuExperienceHost.exe?


StartMenuExperienceHost.exe merupakan file executable yang dimasukkan ke dalam core OS yang mengelola Start menu Windows 10 dan Windows 11. Sebelum Windows 10 v1903, Start menu ditangani oleh Windows Shell Experience Host (ShellExperienceHost.exe). Karena ketidakstabilan, misalnya, jika ada masalah dengan Start menu, seluruh explorer.exe dapat crash dan perlu direstart.


Jadi, untuk meningkatkan performa/kinerja Start menu, StartMenuExperienceHost.exe diperkenalkan. Dengan ini, jika Start menu mengalami masalah, anda hanya perlu merestart proses StartMenuExperienceHost.exe dan bukan seluruh system atau explorer.exe. File ini terletak di folder berikut ini. 

%SystemDrive%\Windows\SystemApps\Microsoft.Windows.StartMenuExperienceHost_cw5n1h2txyewy folder


Memperbaiki Error StartMenuExperienceHost.exe, Event ID 1000 dan 1002

Jika anda mengalami masalah Start Menu dan anda melihat error StartMenuExperienceHost.exe dengan Event ID 1000 atau 1002 di Event Viewer atau Reliability Monitor pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka solusi yang saya rekomendasikan dibawah ini dimaksudkan untuk membantu anda menyelesaikan masalah Start Menu apapun yang memicu peristiwa ini di perangkat anda.


1. Jalankan Scan SFC dan DISM

Ada perdebatan mengenai scan mana yang dijalankan terlebih dahulu, SFC atau DISM. Scan mana yang lebih dulu tergantung pada error system anda. Karena kita tidak tahu error apa yang terjadi pada system, maka anda dapat menjalankan scan System File Checker (SFC) terlebih dahulu untuk memperbaiki file system. Tetapi jika anda mendapatkan pesan berikut dibawah ini, maka anda perlu menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) dan kemudian menjalankan kembali SFC.
Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them. Details are included in the CBS.Log windir\Logs\CBS\CBS.log.

Pesan error diatas menunjukan kemungkinan folder WinSxS tempat SFC menarik file untuk menjalankan perbaikan rusak. Jadi, dalam hal ini, anda perlu menjalankan DISM untuk memulihkan kesehatan system image. Setelah anda mendapatkan pemulihan system image, anda sekarang dapat menjalankan kembali SFC.


Semua hal lain dianggap sama. Jika scan SFC berhasil pada langkah awal dengan memperbaiki file system yang rusak, tetapi tidak memperbaiki error pada Start menu, maka anda perlu menjalankan DISM. Mungkin ada masalah mendasar lainnya dan mungkin system image Windows yang buruk.


2. Restart Start Menu

Pertama, restart Start Menu dan lihat apakah itu membantu. Jika tidak, maka anda harus mendaftar ulang Start Menu seperti yang ditunjukkan pada langkah berikutnya dan lihat apakah itu membantu. Anda juga dapat merestart StartMenuExperienceHost.exe menggunakan Command Prompt atau PowerShell.



3. Daftarkan Ulang Shell Experience

Untuk mendaftarkan ulang Shell Experience di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
Get-appxpackage -all *shellexperience* -packagetype bundle |% {add-appxpackage -register -disabledevelopmentmode ($_.installlocation + “\appxmetadata\appxbundlemanifest.xml”)}

  • Setelah perintah selesai dijalankan, restart komputer anda.



4. Daftar Ulang File DLL

Ketika error ini terjadi pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, di Event Viewer, file DLL tertentu dirujuk sebagai Faulting module, dalam skenario kasus saya, file DLL yang dimaksud adalah twinapi.appcore.dll. Jadi, ini bisa menjadi kasus file DLL yang rusak. Dalam hal ini, anda dapat mencoba mendaftarkan ulang file system atau mengganti file dengan salinan baru yang didownload dari Winbindex. Setelah mendownloadnya, pastikan untuk menempatkan file dll tersebut di folder System32 atau SysWOW64 sesuai kasusnya.

Untuk mendaftar ulang file DLL, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih Command Prompt.
  • Di Command Prompt, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter. Jangan lupa ganti twinapi.appcore.dll dengan file dll anda.
regsvr32 twinapi.appcore.dll

  • Setelah itu, restart komputer anda.

Jika anda mendapatkan error RegSvr32, The module failed to load saat mendaftarkan ulang file dll, maka lihat artikel ini untuk menyelesaikan masalah.


5. Uninstall atau Rollback Upgrade

Jika masalah yang anda hadapi saat ini dimulai setelah menginstall update Windows terbaru atau setelah anda mengupgrade ke versi Windows yang lebih baru, maka untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat menguninstal update atau me-roll back upgrade sesuai kasusnya.

Untuk menguninstall update terbaru di system anda, anda dapat melakukannya melalui command line atau aplikasi Settings. Untuk menguninstall update Windows melalui command line, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Command Prompt dengan hak admin atau gunakan Windows Terminal. Ikuti langkah diatas.
  • Di Command Prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter untuk melihat Windows update history.
wmic qfe list brief /format:table

  • Dari output, catat nomor KB update yang diinstall baru-baru ini.
  • Untuk menguninstall update Windows, masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter. Ganti 5016705 dengan nomor KB update yang anda identifikasi sebelumnya yang ingin anda hapus.
wusa /uninstall /KB:5016705

  • Setelah selesai, restart komputer anda.


Jika anda tidak terbiasa menggunakan perintah command line, maka anda dapat menguninstall update dari Settings Windows. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik View update history.
  • Selanjutnya klik Uninstall updates untuk melihat daftar update yang baru anda lakukan di system anda.
  • Jendela Uninstalled Updates akan terbuka.
  • Cukup pilih update yang ingin anda uninstall dan klik Uninstall.
  • Setelah proses uninstall selesai, restart PC anda.


Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Windows Update di panel kiri dan di panel kanan klik Update history.
  • Di halaman berikutnya, klik Uninstall update untuk melihat daftar update.
  • Selanjutnya jendela Uninstalled Updates akan terbuka.
  • Anda cukup mengklik update yang ingin anda uninstall dan Uninstall.
  • Restart PC anda setelah proses uninstall selesai.




6. Lakukan System Restore

Jika masalah dimulai baru-baru ini, maka anda dapat memulihkan system ke titik sebelumnya dimana komputer anda masih berfungsi dengan baik. Untuk itu lakukan system restore dan itu akan menyelesaikan masalah di komputer anda.


7. Reset Windows 10/11

Pada titik ini, jika anda masih mengalami masalah dengan Start menu akibat Event ID 1000 atau 1002 yang dicatat, maka satu-satunya pilihan anda adalah melakukan reset PC terlebih dahulu dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah.




Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error StartMenuExperienceHost.exe, Event ID 1000 dan 1002 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2022/09/memperbaiki-error-startmenuexperienceho.html
Previous Post
Next Post

0 komentar: