Saat anda menjalankan perintah Add-AppxPackage untuk menginstall ulang, mereset atau mendaftarkan ulang aplikasi di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mendapatkan pesan error yang menyatakan Cannot find path C:\AppxManifest.xml because it does not exist. Jika anda saat ini mengalami masalah ini, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda menyelesaikan masalah ini. Dalam artikel ini, saya akan memberikan solusi yang paling sesuai untuk memperbaiki masalah ini.
Anda mungkin mendapatkan error ini karena tiga alasan utama berikut ini.
- User account rusak.
- Aplikasi atau cache Microsoft Store rusak.
- Permission/Izin salah atau tidak mencukupi untuk folder WindowsApps.
Memperbaiki Error Add-AppxPackage Cannot find path C:\AppxManifest.xml because it does not exist
Jika anda mendapatkan pesan error Cannot find path C:\AppxManifest.xml because it does not exist saat anda mencoba mereset atau menginstal ulang aplikasi menggunakan perintah Add-AppxPackage pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menerapkan salah satu dari daftar solusi berikut dibawah ini tanpa urutan tertentu untuk menyelesaikan masalah pada system anda.
1. Daftar Periksa Awal
Sebelum anda melanjutkan dengan solusi lain dibawah ini untuk menyelesaikan error Cannot find path C:\AppxManifest.xml because it does not exist yang anda temui di komputer anda, maka sebagai solusi cepat, asalkan anda tidak menjalankan preferensi khusus cmdlet Add-AppxPackage PowerShell, anda dapat mereset aplikasi melalui Settings jika anda mendapatkan error saat mereset aplikasi. Jika anda mendapatkan error saat mencoba menginstall, menginstall ulang atau medaftar ulang aplikasi, maka anda bisa menguninstall aplikasi dan kemudian mendapatkan kembali aplikasi langsung dari Microsoft Store. Rute lain yang dapat anda tempuh adalah menggunakan utilitas command line Winget untuk mendownload atau menginstall aplikasi dari Microsoft Store di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda.
Untuk mereset aplikasi melalui Settings Windows, ikuti langkah-langkah berikut ini.
Di Windows 10:
- Buka Settings dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
- Di halaman berikutnya, klik Apps & Features di panel kiri.
- Di panel kanan, klik aplikasi yang menghasilkan error dan kemudian klik Advanced options.
- Di halaman berikutnya, jalankan Reset dibawah bagian Reset.
Di Windows 11:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan klik Apps & features di panel kanan.
- Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping aplikasi yang menghasilkan error dan pilih Advanced options.
- Di halaman berikutnya, jalankan opsi Reset.
2. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter
Setelah menlakukan daftar periksa awal di atas, jika masalahnya masih muncul, maka anda dapat menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter dan melihat apakah itu membantu. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.
Di Windows 10:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan di jendela Settings pilih Update & Security.
- Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri, sementara di panel kanan klik Additional Troubleshooters.
- Di halaman selanjutnya di panel kanan, klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
- Di jendela Windows Store Apps Troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan.
Di Windows 11:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Kemudian di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
- Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
- Di halaman berikutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
- Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.
3. Konfigurasikan Permission pada Folder WindowsApps
Anda mungkin mengalami masalah ini jika permission/izin pengguna folder WindowsApps tidak dikonfigurasi dengan benar. Dalam hal ini, untuk melihat apakah masalah akan teratasi, anda dapat menetapkan permission full control untuk folder WindowsApps atau anda dapat mengambil kepemilikan folder tersebut. Setelah melakukan itu, anda kemudian dapat mencoba menjalankan kembali perintah yang sama dan lihat apakah masalah teratasi atau masih muncul.
4. Buat User Account Baru
Jika masalah disebabkan oleh user account yang rusak, maka anda dapat memperbaiki profil pengguna yang rusak dan melihat apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, maka anda harus membuat user account baru.
Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
- Backup profil pengguna di user account lama.
- Kemudian buka Folder Options atau File Explorer Options. Untuk Windows 10, klik View dan pilih Options. Sementara dii Windows 11, klik menu tiga titik dan pilih Options.
- Di jendela Folder Options, alihkan ke tab View, kemudian pergi ke bagian Advanced settings dan atur pengaturan berikut ini:
- Opsi Show hidden files, folders, and drives harus dipilih.
- Hapus ceklist pada opsi Hide extensions for known file types.
- Hapus ceklist pada opsi Hide protected operating system files (Recommended).
- Selanjutnya, di File Explorer, temukan folder C:\Users\Old_Username, dimana C adalah drive tempat Windows diinstall dan Old_Username adalah nama profil yang ingin anda backup.
- Pilih dan copy semua file dan folder di folder ini, kecuali file NtUser.dat, NtUser.ini, NtUser.log (atau jika tidak ada, kecualikan dua file log yang bernama ntuser.dat.log1 dan ntuser.dat.log2).
- Pastekan file yang di copy ke lokasi backup yang anda pilih. Anda dapat mengambil profil user account lama anda dari lokasi backup ini jika diperlukan. Namun perlu diingat bahwa file yang berada di bawah C:\Users\Old_Username\AppData\Local\Packages kemungkinan rusak dan mungkin ada file lain yang mungkin juga rusak.
- Setelah itu, sing out dari user account lama dan sign-in ke user account baru anda.
- Anda kemudian dapat mentransfer file/data anda ke profil user account baru sebelum anda menghapus profil lama.
- Jika semuanya berfungsi dengan baik, anda dapat menghapus akun/profil lama.
5. Reset atau Daftar Ulang Microsoft Store
Untuk solusi ini, anda perlu mereset Microsoft Store menggunakan aplikasi Settings dengan mengikuti langkah seperti pada metode pertama atau menjalankan perintah wsreset.exe di jendela Run (Win + R). Ingatlah bahwa ketika anda menyelesaikan tindakan ini, semua file cache Windows Store akan dihapus. Informasi login anda dan data aplikasi apapun akan dihapus secara permanen dari perangkat anda.
Jika reset tidak membantu dengan masalah yang terlihat, maka anda dapat mendaftarkan ulang aplikasi Microsoft Store dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
- Buka PowerShell dengan hak admin. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih PowerShell.
- Di jendela PowerShell, masukan salah satu perintah berikut dan tekan Enter. Gunakan hanya salah satu perintah di bawah ini.
- Setelah itu, restart komputer anda.
source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2022/10/memperbaiki-add-appxpackage-cannot-find.html
0 komentar: