Software Google Drive adalah tentang menyinkronkan file dari cloud ke komputer anda dan dari komputer anda ke cloud. Ini mirip dengan cara kerja software Microsoft OneDrive di Windows 10 atau Windows 11. Setelah mendownload Google Drive for Desktop dari website resmi Google dan diinstall, pengguna akan diminta untuk sign-in dengan kredensial Google mereka.
Hampir tidak mungkin menemukan pesaing untuk Google Drive. Dari jumlah penyimpanan gratis, keamanan yang kuat hingga paket berbayar yang murah, semuanya luar biasa tentang Google Drive. Namun di atas semua itu, yang menjadikan layanan cloud raja pasar adalah ketersediaannya di hampir semua platform. Google Drive memiliki aplikasi khusus untuk Android, iOS dan desktop. Namun, seperti aplikasi lainnya, ia juga memiliki masalah. Banyak pengguna memiliki keluhan dengan aplikasi desktop Google Drive. Lebih tepatnya, pengguna menghadapi kesulitan menyinkronkan Google Drive dengan PC Windows. Jadi, jika anda juga berjuang dengan masalah yang sama, maka lanjutkan dengan panduan untuk menyingkirkan masalah tersebut.
Memperbaiki Google Drive for Desktop Tidak Menyingkronkan Data di PC Windows
Jika Google Drive for Desktop tidak menyinkronkan data di PC Windows anda, maka beberapa metode perbaikan berikut inilah yang harus anda dilakukan. Mari kita lihat satu per satu secara terperinci.
1. Pause Sinkronisasi Google Drive
Langkah pertama adalah menghentikan sementara proses sinkronisasi. Ini adalah solusi sederhana namun efektif untuk menyingkirkan masalah ini. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
- Klik ikon Google Drive yang ada di system tray.
- Kemudian klik ikon roda gigi yang ada di sudut kanan atas jendela dan pilih opsi Pause syncing.
- Setelah itu, restart PC anda.
- Setelah booting, klik ikon Google Drive kembali di system tray, kemudian klik ikon roda gigi dan pilih opsi Resume Syncing.
Periksa apakah masalahnya terpecahkan atau tidak. Jika masalah berlanjut, lanjut ke solusi berikutnya.
2. Coba Jaringan Lain
Beralih ke koneksi yang berbeda adalah solusi sederhana lainnya untuk memperbaiki masalah ini. Jika anda terhubung ke koneksi internet yang lemah, maka Google Drive akan menghadapi kesulitan dalam menyinkronkan data di PC Windows anda. Untuk memperbaiki masalah ini, alihkan koneksi jaringan anda ke yang lebih kuat dan stabil dan periksa apakah ada bedanya. Anda juga dapat memperbaiki koneksi jaringan dan internet anda jika bermasalah dan periksa kembali.
3. Restart Google Drive
Hal berikutnya yang dapat anda lakukan adalah keluar dari Google Drive dari area system tray. Menurut banyak pengguna, merestart kembali Google Drive telah memecahkan masalah terkait backup. Dengan demikian, anda dapat melalui proses yang sama dan memeriksa apakah itu membantu anda atau tidak. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda ikuti untuk menyelesaikan pekerjaan.
- Klik ikon Google Drive pada system tray, kemudian klik ikon roda gigi dan pilih opsi Quit dari menu konteks.
- Kemudian, tunggu beberapa menit.
- Setelah itu, buka Start Menu dan klik Google Drive. Ini akan secara otomatis akan menampilkan kembali ikon di system tray dalam beberapa detik.
Sekarang, periksa apakah sudah mulai menyinkronkan data atau belum.
4. Hapus File Cache Google Drive
Seperti aplikasi Windows lainnya, Google Drive juga membuat dan menyimpan data cache. File-file ini membantu menawarkan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan lancar. Tetapi pada saat yang sama, jika data ini rusak karena suatu alasan, mereka akan menimbulkan masalah yang berbeda, termasuk masalah sinkronisasi. Dalam situasi ini, hal terbaik yang dapat anda coba adalah menghapus semua file cache ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini.
- Tekan tombol Win + R, kemudian copy-paste kode dibawah ini dan tekan Enter.
- Klik ikon Google Drive yang ada di system tray, kemudian klik ikon roda gigi dan pilih opsi Preferences.
- Kemudian, klik kembali ikon roda gigi yang ada di depan gambar profil anda.
- Klik pada opsi Direct connection yang ada di bawah Proxy settings.
- Ketuk Save untuk menerapkan perubahan yang dibuat.
- Klik Google Drive di system tray, kemudian klik ikon roda gigi dan klik Preferences.
- Selanjutnya, klik ikon roda gigi kembali.
- Di bawah bagian Bandwidth settings, hapus ceklist pada opsi Upload rate.
- Kemudian klik Save untuk menerapkan perubahan yang dibuat.
- Gunakan Search di taskbar untuk menemukan dan membuka Windows Defender Firewall.
- Di jendela Windows Defender Firewall, klik Allow an app or feature through Windows Defender Firewall di panel kiri.
- Di jendela Allowed apps, klik opsi Change settings.
- Selanjutnya klik Allow another app.
- Kemudian klik Browse.
- Arahkan ke tempat anda menginstall Google Drive, kemudian pilih file GoogleDriveFS.exe dan klik Open.
- Selanjutnya, klik Add untuk menambahkannya dan kemudian OK.
source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2022/03/memperbaiki-google-drive-for-desktop.html
0 komentar: