Kamis, 24 Maret 2022

Memperbaiki Google Drive for Desktop Tidak Menyingkronkan Data di PC Windows

 


Software Google Drive adalah tentang menyinkronkan file dari cloud ke komputer anda dan dari komputer anda ke cloud. Ini mirip dengan cara kerja software Microsoft OneDrive di Windows 10 atau Windows 11. Setelah mendownload Google Drive for Desktop dari website resmi Google dan diinstall, pengguna akan diminta untuk sign-in dengan kredensial Google mereka.


Hampir tidak mungkin menemukan pesaing untuk Google Drive. Dari jumlah penyimpanan gratis, keamanan yang kuat hingga paket berbayar yang murah, semuanya luar biasa tentang Google Drive. Namun di atas semua itu, yang menjadikan layanan cloud raja pasar adalah ketersediaannya di hampir semua platform. Google Drive memiliki aplikasi khusus untuk Android, iOS dan desktop. Namun, seperti aplikasi lainnya, ia juga memiliki masalah. Banyak pengguna memiliki keluhan dengan aplikasi desktop Google Drive. Lebih tepatnya, pengguna menghadapi kesulitan menyinkronkan Google Drive dengan PC Windows. Jadi, jika anda juga berjuang dengan masalah yang sama, maka lanjutkan dengan panduan untuk menyingkirkan masalah tersebut.




Memperbaiki Google Drive for Desktop Tidak Menyingkronkan Data di PC Windows


Jika Google Drive for Desktop tidak menyinkronkan data di PC Windows anda, maka beberapa metode perbaikan berikut inilah yang harus anda dilakukan. Mari kita lihat satu per satu secara terperinci.



1. Pause Sinkronisasi Google Drive


Langkah pertama adalah menghentikan sementara proses sinkronisasi. Ini adalah solusi sederhana namun efektif untuk menyingkirkan masalah ini. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik ikon Google Drive yang ada di system tray.
  • Kemudian klik ikon roda gigi yang ada di sudut kanan atas jendela dan pilih opsi Pause syncing.


  • Setelah itu, restart PC anda.
  • Setelah booting, klik ikon Google Drive kembali di system tray, kemudian klik ikon roda gigi dan pilih opsi Resume Syncing.


Periksa apakah masalahnya terpecahkan atau tidak. Jika masalah berlanjut, lanjut ke solusi berikutnya.



2. Coba Jaringan Lain


Beralih ke koneksi yang berbeda adalah solusi sederhana lainnya untuk memperbaiki masalah ini. Jika anda terhubung ke koneksi internet yang lemah, maka Google Drive akan menghadapi kesulitan dalam menyinkronkan data di PC Windows anda. Untuk memperbaiki masalah ini, alihkan koneksi jaringan anda ke yang lebih kuat dan stabil dan periksa apakah ada bedanya. Anda juga dapat memperbaiki koneksi jaringan dan internet anda jika bermasalah dan periksa kembali.



3. Restart Google Drive


Hal berikutnya yang dapat anda lakukan adalah keluar dari Google Drive dari area system tray. Menurut banyak pengguna, merestart kembali Google Drive telah memecahkan masalah terkait backup. Dengan demikian, anda dapat melalui proses yang sama dan memeriksa apakah itu membantu anda atau tidak. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda ikuti untuk menyelesaikan pekerjaan.

  • Klik ikon Google Drive pada system tray, kemudian klik ikon roda gigi dan pilih opsi Quit dari menu konteks.


  • Kemudian, tunggu beberapa menit.
  • Setelah itu, buka Start Menu dan klik Google Drive. Ini akan secara otomatis akan menampilkan kembali ikon di system tray dalam beberapa detik.


Sekarang, periksa apakah sudah mulai menyinkronkan data atau belum.



4. Hapus File Cache Google Drive


Seperti aplikasi Windows lainnya, Google Drive juga membuat dan menyimpan data cache. File-file ini membantu menawarkan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan lancar. Tetapi pada saat yang sama, jika data ini rusak karena suatu alasan, mereka akan menimbulkan masalah yang berbeda, termasuk masalah sinkronisasi. Dalam situasi ini, hal terbaik yang dapat anda coba adalah menghapus semua file cache ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian copy-paste kode dibawah ini dan tekan Enter.


%localappdata%\Google

  • Sekarang, klik kanan pada folder DriverFS dan pilih opsi Delete.


  • Setelah itu, restart system anda.

Setelah booting, anda dapat memeriksa apakah Google Drive telah mulai menyinkronkan file Windows anda atau belum.


5. Ubah Pengaturan Proxy Google Drive

Pengaturan proxy yang salah dikonfigurasi adalah alasan utama lain di balik masalah yang disebutkan. Untuk memperbaiki masalah, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Klik ikon Google Drive yang ada di system tray, kemudian klik ikon roda gigi dan pilih opsi Preferences.


  • Kemudian, klik kembali ikon roda gigi yang ada di depan gambar profil anda.
  • Klik pada opsi Direct connection yang ada di bawah Proxy settings.
  • Ketuk Save untuk menerapkan perubahan yang dibuat.



6. Ubah Batasan Bandwidth

Google Drive hadir dengan opsi untuk membatasi bandwidth upload dan download. Meskipun ini adalah fitur yang mengesankan, namun pada saat yang sama, itu juga dapat memiliki efek buruk. Segera setelah Google Drive mencapai batas bandwidth upload, maka proses sinkronisasi akan dihentikan secara otomatis. Untuk memperbaiki masalah, anda harus menghilangkan batasan bandwidth upload. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda ikuti.
  • Klik Google Drive di system tray, kemudian klik ikon roda gigi dan klik Preferences.
  • Selanjutnya, klik ikon roda gigi kembali.
  • Di bawah bagian Bandwidth settings, hapus ceklist pada opsi Upload rate.
  • Kemudian klik Save untuk menerapkan perubahan yang dibuat.


Periksa apakah masalah berlanjut atau terselesaikan.


7. Tambahkan Google Drive ke Whitelist di Pengaturan Windows Firewall

Jika Google Drive diblokir di bawah pengaturan Windows Firewall, maka anda akan menghadapi masalah sinkronisasi pada PC Windows anda. Jadi, anda harus mengizinkan Google Drive dari pengaturan Windows Firewall untuk memperbaiki masalah. Inilah cara melakukannya.
  • Gunakan Search di taskbar untuk menemukan dan membuka Windows Defender Firewall.
  • Di jendela Windows Defender Firewall, klik Allow an app or feature through Windows Defender Firewall di panel kiri.
  • Di jendela Allowed apps, klik opsi Change settings.
  • Selanjutnya klik Allow another app.
  • Kemudian klik Browse.
  • Arahkan ke tempat anda menginstall Google Drive, kemudian pilih file GoogleDriveFS.exe dan klik Open.
  • Selanjutnya, klik Add untuk menambahkannya dan kemudian OK.


Setelah melakukan itu, luncurkan Google Drive dan periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki atau tidak.


8. Periksa Status Penyimpanan

Jika anda memiliki paket Google Drive gratis, maka anda akan ditawari penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Dan kita semua tahu betapa mudahnya mengisi 15 GB saat ini dengan cepat. Jadi, jika anda telah melampaui batas penyimpanan, maka Google Drive akan gagal menyinkronkan kembali file dari Windows. Dalam hal ini, hal terbaik yang dapat anda coba adalah mengosongkan beberapa ruang atau menggunakan paket berbayar.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki tidak dapat download file dari Google Drive atau cara backup file ke Google Drive di Linux.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Google Drive for Desktop tidak menyingkronkan data di PC Windows. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2022/03/memperbaiki-google-drive-for-desktop.html
Previous Post
Next Post

0 komentar: