Saat membuka aplikasi atau melakukan tugas apapun di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mendapatkan pesan error This app does not support the contract specified or is not installed. Jika demikian, maka artikel ini memberikan solusi perbaikan yang paling sesuai untuk berhasil menyelesaikan masalah ini di system anda.
Masalah ini dapat terjadi jika anda baru saja mengupdate driver atau Windows anda. Ketika sebuah aplikasi tidak mendukung atau tidak dikonfigurasi dengan Windows maka itu mungkin tidak berjalan dengan benar dan menghasilkan error ini. Namun, mungkin juga ada alasan lain mengapa error ini dapat terjadi di komputer anda seperti file system yang rusak, masalah registry atau user account anda yang rusak. Namun, sebagian besar error ini dapat dengan mudah diselesaikan dengan mengupdate aplikasi. Dalam artikel ini, saya akan membahas kemungkinan metode dan solusi untuk memperbaiki masalah ini.
Memperbaiki Error This app does not support the contract specified or is not installed
Anda dapat menerapkan solusi yang saya rekomendasikan dibawah ini tanpa urutan tertentu untuk memperbaiki error This app does not support the contract specified or is not installed dan lihat apakah anda dapat menyelesaikan masalah di perangkat anda.
1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter
Langkah pertama anda dalam upaya anda untuk memecahkan masalah dan memperbaiki error This app does not support the contract specified or is not installed yang muncul pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda adalah menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter dan lihat apakah itu membantu.
Untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
Di Windows 10:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Update & Security di jendela Settings.
- Di halaman berikutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional Troubleshooters di panel kanan.
- Selanjutnya, klik Windows Store Apps dan kemudian klik Run the troubleshooter di panel kanan untuk menjalankan troubleshooter.
- Jendela Windows Store Apps Troubleshooter akan muncul. Ikuti petunjuk yang di tampilkan.
Di Windows 11:
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
- Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
- Selanjutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan kemudian klik Run yang ada di sampingnya.
- Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.
Meskipun ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah dengan aplikasi, namun Windows Store Apps Troubleshooter Windows 10 dan Windows 11 dapat melakukan tugasnya dengan baik. Ini dirancang untuk secara otomatis menscan dan memperbaiki masalah apapun yang dapat mencegah aplikasi yang anda peroleh dari Microsoft Store tidak berfungsi dengan benar. Semoga ini menyelesaikan masalah untuk anda.
2. Jalankan Scan SFC dan DISM
Solusi ini mengharuskan anda untuk memperbaiki file system menggunakan perintah SFC dan DISM. Untuk melakukan tugas ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.
- Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
- Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.
- Tunggu hingga proses selesai terlebih dahulu, kemudian masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
- Setelah proses selesai, tutup jendela Command Prompt atau Windows Terminal.
- Kemudian restart komputer anda.
- Backup file data profil pengguna di user account lama. Untuk itu, buka File Explorer dan buka Folder Options. Di Windows 10, klik View - Options - Change folder and search options. Di Windows 11, klik menu tiga titik dan pilih Options.
- Di jendela Folder Options, alihkan ke tab View.
- Kemudian, pergi ke bagian Advanced settings dan atur pengaturan berikut:
- Pilih opsi Show hidden files, folders, and drives.
- Hapus ceklist pada opsi Hide extensions for known file types.
- Hapus ceklist pada opsi Hide protected operating system files (Recommended).
- Di File Explorer, temukan folder C:\Users\Old_Username, dimana C adalah drive tempat Windows diinstall dan Old_Username adalah nama profil yang ingin anda buat backupnya.
- Pilih semua dengan menekan tombol Ctrl + A dan copy semua file dan folder di folder tersebut, kecuali file NtUser.dat, NtUser.ini, NtUser.log (atau jika tidak ada, kecualikan dua file log yang disebut ntuser.dat.log1 dan ntuser.dat.log2).
- Kemudian, paste file ke lokasi backup yang anda pilih. Anda dapat mengambil profil user account lama anda dari lokasi backup ini jika diperlukan. Tetapi perlu diingat bahwa file yang berada di bawah C:\Users\Old_Username\AppData\Local\Packages kemungkinan rusak dan mungkin juga ada file lain yang rusak.
- Sign out dari user account lama. Jika anda memiliki pesan email dalam program email, anda harus mengimpor pesan dan alamat email anda dan mentransfer file/data anda ke profil pengguna baru sebelum anda menghapus profil lama. Jika semuanya berfungsi dengan baik, anda dapat menghapus akun/profil lama.
source https://mastertipsorialindo.blogspot.com/2022/09/memperbaiki-error-this-app-does-not.html
0 komentar: